Sunday, June 23, 2013

Di Masa Depan Mobil Volvo Bisa Parkir Sendiri

Di Masa Depan Mobil Volvo Bisa Parkir Sendiri Jakarta - Kemajuan teknologi di bidang otomotif bagai sebuah fiksi ilmiah. Berbagai teknologi telah berkembang dan terus dikembangkan. Di masa depan mobil yang dapat berjalan otomatis tanpa dikemudikan manusia dipercaya akan menjadi hal yang biasa. Tidak hanya itu, mobil pun nanti juga akan bisa parkir sendiri.

Mobil yang memiliki teknologi autopilot yang mampu secara mandiri berjalan ke tempat tujuan tanpa dikendalikan manusia saat ini memang diketahui tengah gencar dikembangkan. Hampir seluruh pabrikan besar dunia berlomba membuat mobil berteknologi ini. Perusahaan teknologi raksasamacam Google pun ikut serta.

Namun Volvo sudah memikirkan langkah selanjutnya di teknologi ini dengan membuat mobil mampu memarkir dirinya sendiri. Jadi, ketika sampai tempat tujuan, si pengendara atau penumpang bisa langsung turun dan mobil akan mencari tempat parkir sendiri bagai sedang menikmati fasilitas vallet.

"Parkir secara otonom adalah teknologi konsep yang meringankan tugas pengemudi yang memakan waktu untuk menemukan tempat parkir kosong. Pengemudi hanya perlu membiarkan di pintu masuk pergi ke tempat parkir dan mengambilnya nanti di tempat yang sama," kata Thomas Broberg, penasihat keamanan senior di Volvo Car Group seperti detikOto kutip dari USA Today.

Dengan sistem ini, maka teknologi autopilot Volvo pun dipercaya lebih canggih dibandingkan teknologi autopilot sampai saat ini. Namun, tempat parkir juga harus dipasangi sensor agar komputer di mobil bisa membaca berapa banyak tempat yang tersedia. Sebenarnya, teknologi serupa juga tengah dikembangkan oleh Audi.

"Pengemudi bisa menggunakan aplikasi di ponsel untuk mengaktifkan parkir otonom dan kemudian berjalan menjauh dari mobil. Kendaraan ini menggunakan sensor untuk melokalisasi dan mengarahkan ke tempat parkir gratis. Prosedur ini bisa dibatalkan pada saat pengemudi datang kembali untuk mengambil mobil," jelas Broberg.

Volvo menjelaskan kalau teknologi ini masih akan terus dikembangkan agar bisa sempurna. "Namun kami akan mengambil langkah pertama dengan memperkenalkan fitur awal dari kemudi otonom di generasi berikutnya XC90 yang akan diperkenalkan akhir tahun depan," lugas Broberg.


(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment