Sunday, June 23, 2013

Nissan Perlihatkan Mobil Balap Listrik Tercepat di Dunia

Nissan Perlihatkan Mobil Balap Listrik Tercepat di Dunia Jakarta - Mobil bertenaga listrik saat ini dipercaya merupakan masa depan industri otomotif. Namun, tenaga listrik bukan hanya digunakan oleh 'mobil biasa' saja. Mobil balap masa depan pun juga akan menggunakannya. Dan kini, Nissan memperlihatkan mobil balap bertenaga listrik yang mereka klaim sebagai yang tercepat di dunia.

Mobil balap bertenaga listrik yang diklaim Nissan sebagai mobil balap bertenaga listrik tercepat di dunia itu diberi nama ZEOD RC yang merupakan singkatan dari Zero Emission On Demand Racing Car.

Mobil ini dipercaya mampu berlari hingga kecepatan lebih dari 300 km/jam dan akan memulai debut balap di balapan ketahanan paling bergengsi di dunia, Le Mans 24 Hours.

ZEOD RC merupakan mobil balap yang dikembangkan dengan mengambil masukan dari jagoan-jagoan di Jepang, Eropa dan Amerika Serikat yang kemudian dirancang oleh Ben Bowlby yang merupakan direktur inovasi motorsport Nissan yang juga bekerja mengembangkan Nissan DeltaWing di 2012.

"Nissan merupakan pemimpin global di pengembangan teknologi otomotif non emisi dan Nissan ZEOD RC akan ikut membuktikan perkembangan yang kita dapat di balapan ketahanan sebagai pengetesan untuk rencana potensial kami di LM P1 powertrain," kata Exevutive Vice President Andy Palmer.

"Nissan ZEOD RC merupakan pengembangan alami dari mobil jalanan Nissan LEAF dan mobil balap purwa rupa LEAF RC. Teknologi yang dikembangkan pada program ZEOD RC akan menjadi bagian dari inovasi masa depan pada mobil-mobil jalanan Nissan," tambahnya.

Palmer lebih lanjut menjelaskan kalau ZEOD RC ini mengusung berbagai teknologi yang akan menjadi bagian masa depan Nissan. Mobil ini sepenuhnya memang berlari hanya dengan menggunakan tenaga listrik, tapi ada mesin konvensional yang digendongnya. Mesin tersebut dirancang untuk dapat digunakan sewaktu-waktu kapan pun si pengendara mau.

"Tim desain kali di Nissan ZEOD RC berkonsentrasi bagaimana membuat paket dan efisiensi aerodinamika yang tidak hanya bisa menampilkan performa yang ekstrem tapi juga efisiensi energi tingkat tinggi. Itulah gol dari produsen mobil global ini," timpal Bowlby.

Nissan ZEOD RC akan mulai dites resmi pada musim panas ini sebelum mengikuti balapan ketahanan paling bergengsi di dunia, Le Mans 24 Hours. Nissan menargetkan menang di 15 kategori dari 22 kategori yang mereka ikuti.

(syu/ddn)

0 comments:

Post a Comment