Monday, July 22, 2013

Mercedes-Benz Mulai Lirik Transmisi 9 Percepatan

Mercedes-Benz Mulai Lirik Transmisi 9 Percepatan Berlin - Tidak ingin kalah dengan kompetitor, produsen mobil asal Jerman Mercedes-Benz akhirnya menyematkan transmisi 9 percepatan pada E-Class bensin dan diesel.

Teknologi transmisi 9 percepatan tersebut untuk menekan konsumsi bahan bakar minyak pada sedan-sedan Mercy contohnya sedan E350 BlueTec.

Kalangan internal Mercedes-Benz menjuluki transmisi ini 9G-Tronic, sebelumnya akrab dikenal sebagai transmisi 7G-Tronic. Sistem transmisi baru tersebut disuplai dari spesialis transmisi ZF Jerman.

Jauh sebelum Mercy, pabrikan mobil asal Inggris Land Rover telah memanfaatkan transmisi 9 percepatan otomatis dari spesialis transmisi ZF Jerman, dimana Range Rover Evoque akan lebih dulu memanfaatkan teknologi tersebut pada tahun depan.

Dikutip autocar, memang pengggunaan transmisi 9 percepatan diakui Mercy mengurangi performa mesin mobil tersebut. Tapi penambahan 2 gigi rasio tersebut diklaim menghemat konsumsi BBM mesin dari sebelumnya 5.5L/100km menjadi 5.3L/100km.

Di sisi lain, emisi gas buangnya juga lebih rendah dari sebelumnya 144g/km menjadi 138g/km. Sistem transmisi 9G-Tronic terbukti lebih irit dan ramah lingkungan ketimbang versi 7G-Tronic.

Mercedes-Benz mengatakan gearbox terbaru 9 percepatan otomatis akan tersedia pada model E-class bensin di Australia. Tetapi E-claa mesin 3.0-liter V6 diesel BlueTEC belum tersedia, konsumen harus inden dan menunggu beberapa bulan.

(ikh/ddn)

0 comments:

Post a Comment