Sunday, February 9, 2014

Toyota Hengkang, Tak Ada Lagi Produsen Mobil di Australia

Toyota Hengkang, Tak Ada Lagi Produsen Mobil di AustraliaToyota City - Toyota akhirnya tak kuat lagi. Mereka memutuskan untuk tidak lagi memproduksi mobil di negeri Kanguru Australia mulai tahun 2017.

"Kami sebelumnya meyakini kalau kami harus meneruskan memproduksi kendaraan di Australia. Namun berbagai faktor negatif seperti pasar yang kompetitif, dan kuatnya dolar Australia memaksa kami untuk melakukan keputusan yang menyakitkan ini,' ujar Presdir Toyota Motor Co Akio Toyoda dalam pernyataannya.

Lebih lanjut Toyota akan mengurangi skala operasi dari salah satu pusat pengembangan kendaraan di Australia yakni Toyota Technical Center Asia Pacific Australia Pty. Ltd. (TTCAP-AU).

Mengenai pekerja di sana, Toyota akan membantu merelokasi para pekerja, meski tidak disebutkan detailnya seperti apa.

"Selama 50 tahun kami sudah memproduksi mobil di Australia. Sudah banyak orang di sini yang membuat kami serasa di rumah, mendukung kami untuk tumbuh," ujar Toyoda.

Dengan mundurnya Toyota, berarti tidak ada satu pun pabrikan yang memproduksi mobil di Australia, sebelumnya GM dan Ford juga memutuskan untuk menghentikan operasi mereka di Australia.

Ford akan berhenti memproduksi mobil di 2016, sedangkan GM (dengan merek Holden) sama dengan Toyota pada 2017 mendatang.

Meski sudah tidak berproduksi lagi, merek-merek ini tetap akan melayani para pengguna mobil di sana.



0 comments:

Post a Comment