Sunday, March 30, 2014

Bertone Menuju Kebangkrutan

Bertone Menuju KebangkrutanTurin - Salah satu rumah desain dan coachbuilder paling terkenal di dunia, Bertone mengakui dirinya tengah menuju proses kebangkrutan. Perusahaan yang mendesain Lamborghini Miura dan Ferrari 308 ini punya waktu 1 bulan untuk mencari donatur.

Kebangkrutan Bartone ini terjadi karena usaha perusahaan ini tidak mampu membuahkan hasil yang memadai meski Bertone terhitung rajin ikut pameran mobil di Eropa.

Kerugian terus mereka bukukan. Bahkan Bertone Workshop, salah satu sub-divisi yang khusus membuat satu mobil sesuai dengan keinginan klien tidak mampu mendongkrak pendapatan Bertone.

Al hasil, perusahaan yang berbasis di Turin, Italia ini dikabarkan telah merumahkan karyawannya tanpa bayaran.

Perusahaan yang hasil karyanya banyak dijumpai di banyak merek kelas dunia itu saat ini sedang dalam proses mencari pembeli baru dengan bantuan dari administrator pengadilan. Bertone harus menemukan sendiri pembelinya sampai April ini. Bila tidak, pengadilan yang akan menjual perusahaan ini.

Kabar sebelumnya berhembus kalau ada 7 pihak yang sebenarnya tertarik untuk membeli perusahaan yang berulang tahun ke 100 pada 2012 ini.

Dan ini bukanlah masalah keuangan pertama yang dialami oleh Bertone dalam beberapa tahun terakhir. Sebab di 2011 mereka juga sempat sekarat sebelum akhirnya mendapat dana segar dengan menjual 6 mobil konsep klasik.

Karya Bertone sendiri menyebar di merek-merek internasional seperti Abarth, Alfa Romeo, Aston Martin, Citroen, Ferrari, Fiat, Jaguar, Iso Rivolta, Lancia, Lamborghini, Mercedes-Benz, Opel hingga Volvo.

Bertone pula yang bertanggung jawab pada desain 2 skuter Lambretta di era 80an. Demikian dilansir BBC Top Gear.


0 comments:

Post a Comment