Saturday, March 15, 2014

Solusi Volvo untuk Mobil Autopilot

Solusi Volvo untuk Mobil AutopilotGothenburg - Mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan diprediksi akan jamak di temui di masa depan. Berbagai merek diketahui tengah mempersiapkan teknologi ini, termasuk Volvo.

Produsen asal Swedia tersebut memang diketahui merupakan salah satu produsen mobil yang paling getol meneliti hal ini. Volvo bahkan diketahui tengah melakukan serangkaian tes untuk mobil autonomous mereka di kota Gothenburg. Tes ini dinamai 'Drive Me-Self Driving cars for suistanable mobility'.

Total ada 100 mobil autonomous yang akan beredar di jalanan umum di kota Gothenburg. Jadi Anda bisa melakukan apa saja yang Anda inginkan di dalam mobil, entah itu telepon, membaca buku atau aktivitas lainnya.

Volvo akan meminta pengguna kendaraan itu untuk memberikan saran dan masukan agar teknologi autopilot mereka lebih berkembang. Mobil autonomous ini akan melaju sejauh 50 km di jalan-jalan sekitar Gothenburg. Jalan ini merupakan jalan yang biasa dilalui para komuter di Swedia dimana sering terjadi kemacetan.

Para pengguna mobil juga akan bisa mencoba memarkirkan kendaraan dengan hanya menggunakan aplikasi di telepon genggam mereka sendiri. Proyek ini akan dimulai pada 2014, dan akan diproduksi massal tahun 2017 nanti.

Nah kini, Volvo kembali mengumumkan perkembangan mereka. Bila kebanyakan prototype mobil yang menerapkan teknologi autopilot sangat tergantung pada Global Positioning System dan kamera untuk memastikan mereka tetap di jalur dan menjaga jarak berikut aman, Volvo mencoba hal lain karena metode tadi dianggap dapat dipengaruhi oleh cuaca buruk atau benda yang menghalangi pandangan kamera.

Salah satu solusi ditawarkan oleh Volvo adalah dengan menggunakan serangkaian magnet yang dibenamkan di jalan.

Sebagai uji coba, Volvo kemudian membuat trek sepanjang 100 meter di fasilitas pengujian di Hallered, dekat Gothenburg. Magnet itu tertanam sekitar 200 mm di bawah permukaan jalan dan mobil self-driving yang telah dilengkapi dengan sensor magnetik kemudian melintas di atas jalan tersebut dan menggunakan magnet untuk membantu memandu jalan.

Para peneliti menemukan bahwa magnet adalah solusi yang efisien, handal dan relatif murah. "Kami telah menguji teknologi pada berbagai kecepatan dan hasilnya sejauh ini menjanjikan. Langkah berikutnya adalah untuk melakukan tes dalam lalu lintas kehidupan nyata," argumen Volvo seperti dikutip IOL.


0 comments:

Post a Comment