Friday, May 9, 2014

Ambisi Fiat Chrysler di Pasar Otomotif Asia

Ambisi Fiat Chrysler di Pasar Otomotif Asia Detroit - Produsen mobil Fiat Chrysler Automobiles (FCA) ingin menjadi besar di pasar otomotif Asia. Tapi penjualan di pasar otomotif Tiongkok, FCA tidak menorehkan hasil yang bagus. Bahkan dengan pesaingnya, FCA berada jauh di belakangnya.

Dilansir laman Reuters, Sabtu (10/5/2014) FCA memang tergolong produsen yang baru bergabung di pasar otomotif Tiongkok. FCA memiliki pangsa pasar 0,6 persen di Tiongkok dan kawasan Asia-Pasifik.

Guna bersaing di Tiongkok, FCA akan memproduksi Jeep secara lokal dan penjualannya akan ditingkatkan menjadi 60 persen atau menjadi 7 juta mobil pada tahun 2018 mendatang.

Tapi strategi yang akan diterapkan FCA ini banyak menuai kritik dari para analis, karena dinilainya FCA terlalu berambisius. Akibatnya pada awal pekan lalu saham FCA turun drastis.

"Tidak berada di pasar Asia berarti kami berada di luar setengah pasar otomotif global. Tapi ini merupakan masalah besar bagi Fiat," ujar analis transportasi dari Universitas Bicocca Milan, Italia, Andrea Giuricin.

Sebelumnya, Fiat Chrysler terlalu bergantung pada 3 pasar mobil di antaranya Amerika Serikat, Italia dan Brasil. Tahun lalu FCA hanya menjual 130.000 unit mobil di Tiongkok.





0 comments:

Post a Comment