Sunday, May 4, 2014

Bersiap Sambut Mobil Autopilot (II)

Bersiap Sambut Mobil Autopilot (II)Jakarta - Bicara mengenai mobil yang bisa berjalan sendiri tanpa dikemudikan manusia maka kita tidak hanya akan membicarakan merek-merek otomotif yang ada. Sebab, raksasa teknologi seperti Google juga sudah mempersiapkan diri mengambut era mobil autopilot yang diprediksi sudah di depan mata.

Mobil berteknologi autopilot memang banyak dianggap sebagai masa depan. Kurang dari dua dekade lagi mobil ini akan segera merambah jalanan di seluruh dunia.

Karena itu tidak heran bila para produsen mobil dunia mulai dari Volvo, Ford, Mercy, BMW, Nissan, Audi, Renault hingga Toyota tidak ada yang mau ketinggalan mengembangkan teknologi autopilot mereka.

Bukan hanya mereka, Google juga diketahui sudah beberapa tahun mengembangkan teknologi ini dengan serius. Malahan, Google bisa dianggap perusahaan yang sekarang paling serius mempersiapkan diri menyambut teknologi ini selain Volvo.

Google sejak beberapa tahun lalu telah mencoba mengaplikasi beberapa perangkat yang mereka sematkan ke beberapa mobil untuk mencoba teknologi autopilot. GPS untuk mengetahui posisi mobil kemudian dipadukan dengan pembacaan situasi melalui kamera.

Menurut Chris Urmson yang merupakan Director Self-Driving Car Project di Google, kendaraan yang dipasangkan teknologi tersebut sudah berjalan sejauh 700.000 mil atau sekitar 11 ribu km secara otomon alias tanpa dikendalikan manusia.

"Kendaraan kami sekarang sudah hampir 700.000 mil otonom, dan dengan setiap mil yang dilewati kami lebih optimis bahwa kita sedang menuju suatu tujuan untuk dicapai: kendaraan yang beroperasi sepenuhnya tanpa campur tangan manusia," katanya.


0 comments:

Post a Comment