Monday, May 19, 2014

Ibu Hamil Mengemudi Rentan Kecelakaan

Ibu Hamil Mengemudi Rentan KecelakaanJakarta - Penelitian Institute for Clinical Evaluative Sciences (ICES) menyebutkan wanita yang mengemudi saat hamil lebih rentan mengalami kecelakaan. Kondisi ini karena wanita hamil dalam kondisi keletihan dan menyebabkan hilang konsentrasi.

Mengutip dailymail, Senin (19/5/2014) sebuah studi terhadap lebih dari setengah juta wanita hamil kehilangan konsentrasi mengemudi karena mual, kelelahan, insomnia. Kondisi ini sangat berkontribusi pada kesalahan mengemudi dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Meski beberapa tips mengemudi untuk ibu hamil sudah banyak, namun wanita yang mengemudi dan tetap memaksakan mengemudi akan besar akibatnya terhadap dia dan si jabang bayi.

Selama 3 tahun sebelum kehamilan, perempuan mengalami kecelakaan sebanyak 6.922 kejadian atau 177 per bulan. Selama trimester kedua , perempuan mengalami kecelakaan sebanyak 757 kejadian atau 252 per bulan.

Peningkatan risiko selama pertengahan kehamilan menyamai kenaikan 42 persen dalam jumlah kecelakaan lalu lintas yang serius. Sementara itu, penelitian menyebutkan 1 dari 50 perempuan yang terlibat dalam kecelakaan terbukti sedang hamil.

Penulis Dr Donald Redelmeier, seorang peneliti dari Institute for Clinical Sciences evaluatif ( ICES ) dan seorang dokter di Departemen Toronto University of Medicine di Kanada mengatakan.

"Wanita hamil sering khawatir dengan penerbangan udara, scuba diving, bak air panas dan topik lain dalam maternal kesehatan, namun individu dapat mengabaikan kecelakaan lalu lintas meskipun risiko kesehatan mereka yang lebih besar," jelasnya.

Penelit lain, Dr Jon Barrett dari Sunnybrook Health Sciences Centre di Toronto menjelaskan kecelakaan yang melibatkan wanita hamil saat dia mengendarai mobil pribadi dan bukan truk atau kendaraan jenis lain.

Dr Redelmeier menambahkan jika sang ibu tidak mengindahkan peringatan tersebut maka dia bisa menghilangkan nyawa anak yang dikandungnya.


0 comments:

Post a Comment