Sunday, June 1, 2014

Masih Dendam, Orang Tiongkok Ogah Beli Mobil Asal Jepang

Masih Dendam, Orang Tiongkok Ogah Beli Mobil Asal JepangBeijing - Tiongkok dan Jepang memiliki catatan sejarah yang buruk. Kedua negara itu sempat bersitegang sehingga menimbulkan masalah yang luar biasa. Meski itu sudah lama, tapi nasionalisme orang Tiongkok patut diacungi jempol, sampai sekarang masih banyak warga Tiongkok yang sentimen anti-Jepang.

Salah satu contoh kongkritnya adalah di industri otomotif. Survei terbaru menyebutkan, dari 40.000 warga Tiongkok, 51 persennya berjanji tidak akan membeli mobil asal Jepang. Demikian dilansir laman CarBuzz, Minggu (1/6/2014).

Hampir setengahnya warga Tiongkok masih menyimpan rasa dendam terhadap Jepang. Dari survei itu mereka menyebutkan, salah satu contoh yang tidak bisa diterima oleh masyarakat Tiongkok adalah kekejaman tentara Jepang saat Perang Dunia II terhadap tentara dan warga sipil Tiongkok.

Hasil survei ini tentu saja akan membuat prihatin merek mobil asal Jepang. Sebab, saat ini pasar otomotif terbesar di dunia berada di Tiongkok.

Seperti merek mobil Nissan, masyarakat Tiongkok memandang sebagai merek untuk pembeli berpenghasilan rendah. Saat ini merek-merek Jepang terutama yang premiumnya terus berusaha meningkatkan penjualan di Tiongkok.


0 comments:

Post a Comment