Monday, August 4, 2014

Harga Mobil di Australia Lebih Murah

Harga Mobil di Australia Lebih MurahSydney - Tingginya persaingan di antara para produsen mobil yang bermain di Australia menguntungkan para konsumen. Soalnya, calon pembeli mobil baru di Aussie mendapatkan harga mobil yang lebih rendah dibanding harga mobil di negara lain.

Paling tidak hal itulah yang dikatakan oleh Federal Chamber of Automotive Industries (FCAI). Mereka menyebutkan bahwa tingginya tingkat persaingan di pasar kendaraan baru di Australia membuat 99 persen warga Australia jadi bisa membayar lebih sedikit untuk mobil yang mereka beli di sana bila dibanding di luar Australia.

Temuan ini berdasarkan data dari analis industri IHS Automotive yang membandingkan tingkat harga dan spesifikasi dari berbagai kendaraan baru yang tersedia di Australia dengan model yang sama di Inggris dan Selandia Baru.

Sebagai contoh, Ford Focus Trend yang dijual di Australia ternyata jauh lebih murah dibanding dengan Ford Focus Trend di Inggris. Bila di Inggris harga mobil tersebut setara dengan $ 28.300, di Australia harga mobil ini hanya $ 22.290 saja.

Padahal Ford Focus Trend yang di jual di Inggris memiliki spesifikasi di bawah Ford Focus Trend di Australia. Di Inggris, model ini dengan harga tadi tidak dilengkap dengan lampu kabut, cruise control, sensor parkir belakang, hill launch assist dan berbagai fitur infotaiment termasuk Sync connectivity system. Padahal fitur-fitur tadi sudah menjadi standar di Australia.

Selain itu, dengan harga yang lebih mahal, model ini juga hanya mengusung mesin 1.6 liter di Inggris. Padahal di Australia si konsumen bisa mendapatkan mesin 2.0 liter.

Temuan FCAI ini menyoroti data untuk 13 model. Mayoritas data yang tercantum dalam laporan menunjukkan kendaraan di Australia lebih murah daripada model setara di Inggris dengan pengecualian beberapa model premium dari BMW, Range Rover dan Mercedes-Benz.

Data ini menurut CEO FCAI Tony Weber membuktikan realitas yang menguntungkan bagi konsumen otomotif di Australia. Dengan harga yang lebih rendah, konsumen jadi bisa mendapatkan mobil dengan fitur lebih lengkap dan aman.

Persaingan ketat itu terjadi karena di Australia ada 67 merek yang bermain dengan menjual lebih dari 350 model. Hal ini membuat persaingan menjadi sangat ketat.

"Saya rasa ini adalah cara yang paling jujur ​​untuk melakukannya dan ini adalah satu-satunya perbandingan yang berarti dari dua pasar. Rezim perpajakan tidak benar-benar bermain," katanya di Car Advice.

0 comments:

Post a Comment