Monday, September 1, 2014

Suzuki Recall Mobil Gara-gara...Sarang Laba-laba!

 Suzuki Recall Mobil Gara-gara...Sarang Laba-laba!Washington - Hewan sekecil apapun bisa membuat mobil bermasalah. Termasuk laba-laba. Gara-gara sarang laba-laba di mesin, Suzuki harus menarik hampir 20.000 unit mobil sedannya.

Mobil yang ditarik itu adalah Kizashi sebanyak 19.249 unit untuk model 2010-2013. Kizashi sendiri sudah tidak dipasarkan lagi di Amerika.

Penarikan kembali yang cukup aneh ini terjadi karena sarang laba-laba di mobil bisa menghalangi aliran udara di tangki bensin mobil.

Laba-laba tersebut suka dengan bau bensin, sehingga laba-laba itu membuat sarang dan menghalangi ventilasi di mesin.

Dalam skenario terburuk, tangki mobil bahkan bisa pecah karena ada tekanan abnormal akibat tertutupnya saluran udara oleh sarang laba-laba tadi.

Jadi bagaimana mencegah si laba-laba bersarang di saluran tangki bensin? Suzuki akan memasang filter khusus yang bisa mengusir laba-laba masuk tabung ventilasi. Mereka juga akan mengganti tangki bensin jika menemukan ada sarang laba-laba.

Suzuki mengumumkan hal ini kepada National Highway Traffic Safety Administration pada tanggal 27 Agustus lalu.

Ini bukan kali pertama laba-laba membuat masalah pada mobil. Sebelumnya, Mazda pernah melakukan hal yang sama dengan masalah yang sama persis.

Mazda terpaksa harus melakukan recall atau penarikan kembali ribuan unit Mazda6. Hal itu dilakukan karena banyak laba-laba di Mazda6.

Baca juga: Mencegah Hewan Bersarang di Mobil

0 comments:

Post a Comment