Tuesday, October 28, 2014

Indonesia, Negeri dengan Jumlah Motor Terbesar Ketiga di Dunia

Indonesia, Negeri dengan Jumlah Motor Terbesar Ketiga di DuniaJakarta - Pasar motor Indonesia hingga saat ini berada di urutan ketiga di Asia sekaligus dunia. Dengan penjualan 7 - 8 juta unit, di bawah India yang sebanyak 11 juta unit dan Tiongkok yang sebanyak 26 juta unit.

"Bahkan di ASEAN, Indonesia menjadi yang pertama jauh di atas negara-negara di wilayah ini," tutur Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI)Gunadi Sindhuwinata, saat pembukaan IMoS, di Jakarta, Selasa (29/10/2014).

Pertumbuhan pasar motor di Tanah Air, kata Gunadi, juga terus bertumbuh. Tahun ini, hingga akhir kuartal tiga lalu, pertumbuhan mencapai 4,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

"Sehingga pada pada 2017 penjualan di Indonesia bisa mencapai 10 juta unit," ucapnya.

Potensi pasar juga semakin besar seiring membaiknya perekonomian di Indonesia. Daya beli yang membaik dan semakin tingginya mobilitas masyarakat dalam rangka kegatan produktif, akan semakin mendorong pertumbuhan pasar motor di Tanah Air.

Sementara itu, Ketua Bidang Komersial AISI Sigit Kumala yang ditemui di tempat yang sama, mengatakan besarnya potensi pasr motor juga dilihat dari masih belum meratanya distribusi motor di Indonesia. Sekitar 60 persen penjualan motor terserap di Jawa dan Bali.

"Padahal, perekonomian di luar Jawa dan Bali juga terus tumbuh. Bahkan nantinya bakal berkembang. Ini potensi besar," paparnya.

Hanya, persoalan yang harus segera dibenahi pemerintah adalah masalah infrastruktur baik pelabuhan maupun jalan.

"Jika masalah itu sudah dibenahi maka harga jual di luar Jawa dan Bali bisa sama, sehingga penyerapan akan semakin tinggi," ujar Sigit.

Selama ini persoalan logistik dan transportasi pengiriman motor ke luar Jawa masih mahal. Biaya logistik mencapai 30 persen.

0 comments:

Post a Comment