Sunday, October 26, 2014

Pakai BBM Oktan Tinggi Performa Lebih Maksimal

Pakai BBM Oktan Tinggi Performa Lebih MaksimalJakarta - Meski dirancang untuk bisa mengonsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) beroktan rendah namun mesin motor dan mobil yang dipasarkan di Indonesia tak diharamkan meminum BBM oktan tinggi. Bahkan, dengan BBM oktan tinggi performa mesin bisa mencapai ke titik maksimal yang sebenarnya.

"Sebenarnya, pabrikan membuat mesin motor atau mobil sudah menetapkan tingkat kompresinya dan rekomendasi BBM-nya," tutur Endro Sutarno, instruktur Astra Honda Training Center, saat dihubungi detikOto, di Jakarta.

Dengan BBM yang sesuai rekomendasi itu, kendaraan yang bersangkutan sudah berperforma bagus. Tapi, performa itu akan jauh lebih maksimal bila menggunakan BBM oktan tinggi. "Performa yang didapat bisa mencapai performa yang sebenarnya atau maksimal," ujar Endro.

Pernyataan serupa diungkapkan Slamet Kasianon, Supervisor Service & Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

"Sebab, dengan oktan tinggi, BBM ini mampu menerima tekanan tinggi, sehingga bisa bekerja maksimal sesuai gerakan piston," ucapnya.

Baik Slamet maupun Endro menyebut, BBM beroktan tinggi memiliki stabilitas oksidasi yang tinggi. Stabilnya oksidasi itu dikarenakan BBM itu menggunakan zat aditif yang berfungsi memperkuat ikatan rantai molekul hidrokarbon.

"Jadi ikatan cabang molekulnya tidak mudah putus saat menerima tekanan kompresi yang tinggi. Sehingga pembakaran sempurna, dan tenaga yang dihasilkan jugalebih maksimal," kata Endro.

Beberapa zat yang ada di BBM oktan tinggi seperti Pertamax antara lain olefin, aromatic serta benzene berkadar rendah.


0 comments:

Post a Comment