Monday, December 8, 2014

Cara Mudah Mendeteksi Pengemudi Mabuk Ganja

Cara Mudah Mendeteksi Pengemudi Mabuk GanjaWashington - Tim peneliti dari Washington State University, Amerika Serikat, telah menemukan cara baru untuk mendeteksi pengemudi mobil apakah telah mengkonsumsi narkoba jenis mariyuana dan ganja atau tidak. Caranya mudah, cukup dengan menganalisa nafas pengemudi.

Pernyataan tim yang dilansir laman Auto Guide, Selasa (9/12/2014), untuk menguji para pengemudi yang dicurigai telah mengkonsumsi mariyuana atau ganja, cukup dengan alat breathalyzer pot.

"Tim yang dipimpin pakar kimia, Profesor Herbert Hill menggunakan ion mobilitas spectrometry untuk mendeteksi tetreahydrocanibinol (THC), zat yang terdapat dalam mariyuana," tulis laporan itu.

Cara ini diklaim lebih ampuh. Selama ini pihak berwenang kerap kecolongan, karena para pengemudi yang mengonsumsi narkoba, khususnya mariyuana lolos kala dilakukan pemeriksaan.

Terlebih, zat yang menimbulkan efek memabukkan dari mariyuana atau ganja seringkali memudar setelah sekian lama dikonsumsi dan sulit diteksi. Namun, dengan sistem deteksi baru melalui ion mobilitas spectrometry itu, pengemudi pengkonsumsi narkoba itu tak bakal bisa lolos lagi.

Namun, untuk mengetahui seberapa banyak zat memabukkan dalam mariyuana atau ganja yang telah mereka konsumsi, harus tetap dilakukan cek darah. Meski begitu dengan cara pendeteksian baru tersebut diyakini pencegahan kecelakaan yang disebabkan pengemudi mabuk bisa dilakukan.




(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment