Thursday, December 4, 2014

Diskriminasi Kredit, Leasing Toyota Digugat

Diskriminasi Kredit, Leasing Toyota DigugatWashington - Lembaga pembiayaan kredit milik Toyota, Toyota Motor Credit, digugat pemerintah federal di Amerika Serikat. Soalnya, lembaga itu diketahui telah memberikan tingkat suku bunga yang berbeda kepada pembeli mobil yang menggunakan fasilitas kredit yang disediakannya.

Seperti dilaporkan Reuters, dan USA Today, Departemen Kehakiman Negeri Paman Sam saat ini tengah menyelidiki dugaan pemberian pinjaman yang dinilai diskriminatif tersebut.

"Toyota Credit mengatakan telah menerima surat dari Departemen Kehakiman dan Biro Perlindungan Konsumen Keuangan, pada Selasa (02/12) lalu," ujar Toyota Motor Credit dalam pernyataannya.

Menurut penggugat, tindakan memberikan tingkat suku bunga yang berbeda dalam skema pembiayaan bukanlah tindakan illegal. Namun, cara itu dinilai bertentangan dengan undang-undang anti diskriminasi.

Amerika tergolong ketat dalam hal pembiayaan ini. Tahun lalu, Ally Financial Inc didenda sebesar US$ 98 juta karena praktik diskrimasi yang sama.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment