Sunday, January 25, 2015

Mencegah Karat di Mobil? Ini Caranya

 Mencegah Karat di Mobil? Ini CaranyaJakarta - Karat pada bodi atau bagian lain dari mobil tak hanya menurunkan nilai jual mobil, tetapi juga mengganggu keindahan tampilan atau bahkan bahkan merusak bagian mobil yang terkena. Oleh karena itu mengetahui penyebabnya dan cara mencegahnya wajib dilakukan.

Menurut Mukhlis, advisor detailing mobil Bandar Motor, Tangerang, penyebab utama terjadinya karat adalah, kandungan garam yang beterbangan di udara dan mengenai bagian mobil, udara yang lembab, bahan kimia yang menempel di bodi atau kerangka mobil.

“Semuanya itu jika terkena bagian mobil yang terbuat dari logam, atau bagian yang luka atau terkelupas, maka karat akan cepat sekali muncul,” paparnya.

Oleh karena jika pemilik mobil berada di wilayah yang memiliki kandungan garam yang tinggi â€Â" seperti di dekat pantai atau pesisir â€Â" dan kawasan industri yang banyak pabrik, serta berudara lembab, harus rajin mencuci kendaraan mereka. Terlebih, pada saat musim hujan seperti saat ini.

Kandungan asam yang tinggi pada air hujan cepat memicu munculnya karat pada mobil karena adanya adanya kandungan garam, paparan bahan kimia, dan lain-lain. Selain itu, jangan bersepekulasi menerjang genangan air hujan atau banjir.

Jika terpaksa harus menerabasnya, maka sebaiknya segera mencuci mobil hingga bersih. Namun, untuk mencuci pun juga harus menggunakan air yang sedikit mengandung zat besi.

Soalnya air yang mengandung zat besi cukup tinggi cepat memicu karat. Gunakan air yang berada di luar kawasan industri.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment