Monday, January 19, 2015

Penghasilan Pekerja Toyota Indonesia Paling Gede di ASEAN

Penghasilan Pekerja Toyota Indonesia Paling Gede di ASEANJakarta - Tantangan para pengusaha otomotif Indonesia, salah satunya terus meningkatnya upah minimum pekerja di Indonesia. Bahkan dikatakan upah pekerja di Indonesia lebih tinggi dibandingkan di negara ASEAN lainnya.

"Upah minimum kita naik tinggi, di pabrik (Toyota) Karawang itu sudah mencapai Rp 3,4 juta dan upah ini lebih tinggi dari Thailand," kata Direktur Administrasi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam, di Jakarta.

Karawang memang merupakan kabupaten dengan upah minimum tertinggi di Jawa Barat. UMK yang disahkan Gubernur Jawa Barat, di Karawang mencapai Rp 2.957.450.

Bahkan, lanjut Bob, penghasilan para pekerja di Indonesia paling terbesar di ASEAN.

"Bahkan kalau dikomparasi dengan Vietnam upah pekerja kita itu 1,5 kali lebih besar. Dan (produksi) komponen yang lebih bermasalah, belum lagi energinya (listrik) naik terus, dan ini tantangan berat untuk supplier dan aplikasi dollar yang sudah tidak murah lagi," kata Bob.

Untuk meningkatkan daya saing, TMMIN pun berupaya agar para pemasoknya bisa meningkatkan kualitas produksi.

“Kalau tidak bisa kita tidak bisa kompetisi (dengan negara lain). Kita khawatir daya saing kita tidak bisa membayangi negara lain, Seperti Kamboja dan Vietnam itu bisa menjadi Next Country dunia otomotif," tambahnya.




(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment