Friday, February 13, 2015

Ini Cara Merawat Mobil Listrik Tesla, Tak Perlu Ganti Oli Lho

 Ini Cara Merawat Mobil Listrik Tesla, Tak Perlu Ganti Oli LhoJakarta - Berbeda dengan mobil bermesin konvensional yang butuh mengganti oli, dan perawatan teknikal mesin, mobil listrik Tesla ternyata tidak memerlukan perawatan itu. Hanya saja, mobil ini masih harus melewati perawatan rutin untuk mengecek fisiknya, bukan teknisnya.

Menurut Presdir Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, mobil ini terhubung ke perangkat software yang bisa mendeteksi kerusakan. Jadi, jika ada kerusakan sedikit, mobil ini akan memberikan sinyal rusak dan bisa langsung diperbaiki.

"Karena Tesla ini tidak perlu ganti oli. Ketika ada kerusakan dia akan memberikan sinyal rusak dan terhubung ke online dia bisa mengkalibrasi dari software-nya," terang Rudy di markas Prestige di Pluit, Jakarta, Jumat (13/2/2015).

Rudy pun menjamin kualitas baterai Lithium pada mobil ini. Menurutnya, baterai tersebut tidak mudah rusak meski sudah berumur hingga 10 tahun.

"Mau charge seperti apapun tidak akan mengurangi kualitas baterai. Baterai ini 8-10 tahun sebenarnya tidak ada masalah," akunya.

Meski begitu, agar konsumen tidak merasa diabaikan, Prestige pun menyediakan layanan perbaikan antar-jemput 24 jam. Hal itu dilakukan untuk membantu konsumen yang memiliki masalah selama di jalan.

"Kita ada service ranger. Kalau kenapa-kenapa kita ada towing 24 jam. Ada servis ranger. Service ranger itu satu mobil 3 orang, teknisi. Dia datang ke lokasi kejadian," bebernya.

Perawatan rutin pun tetap harus dilakukan pada Tesla ini. Namun, Tesla hanya harus diperiksa fisiknya secara rutin dengan rentang waktu yang sama dengan mobil bermesin bakar biasa.

"Ada maintanance rutin, pemeriksaan kaki-kaki, setir. Pokoknya fisiknya. Kurang lebih waktunya sama. Tapi pemeriksaaannya lebih ke fisik. Karena bagian dalamnya enggak ada pemeriksaan. Karena itu dibenerin langung online," ujar Rudy.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment