Wednesday, March 25, 2015

Ini Cara Ekstrem Peluncuran Sedan Jaguar Terbaru

 Ini Cara Ekstrem Peluncuran Sedan Jaguar TerbaruLondon - Peluncuran generasi terbaru sedan mewah Jaguar XF dilakukan dengan cara yang tak lazim. Jaguar Land Rover, sang produsen, menggelindingkan sedan anyar itu di titian kawat yang melintang di atas di sungai Thames, Inggris.

Seperti diwartakan BBC, Rabu (25/3/2015), dengan cara itu JLR ingin membuktikan betapa ringannya sedan anyar besutannya itu. Maklum, 75 persen dari mobil itu terdiri aluminum. Walhasil, bobotnya lebih ringan 190 kilogram dibanding generasi lawas. Meski begitu, tingkat kekuatannya dijamin meningkat.

Dari segi dimensi, generasi kedua Jaguar XF itu lebih rendah dan lebih pendek. Tak hanya itu. Aerodinamikanya juga bertambah, sehingga koefisien drag-nya hanya 0,26.

Sementara dailymail menlaporkan, mobil yang akan diluncurkan di gelaran New York International Auto Show 2015 itu menyeberang di atas dua tali baja yang masing-masing berdiameter 34 milimeter. Sungai Thames sengaja dipilih karena menjadi simbol kebesaran dan kemewahan merek Jaguar. Terlebih di belakangnya terdapat bangunan ikonik Canary Wharf.

JLR menyebut aksi menyeberangkan mobil di sungai menggunakan tali adalah aksi pertama di dunia. Mobil yang dikemudikan Jim Dowdal. Dia dikenal sebagai seorang pemeran pengganti di berbagaidi film, antara lain James Bond', Bourne, dan Indiana Jones.

Jaguar mengklaim sedan anyar buatannya itu lebih efisien bahan bakar. Mesinnya menggunakan mesin Ingenium Jaguar Land Rover. Ada dua varian mesin yakni bensin dan diesel 2.000 cc empat silinder yang dilengkapi turbo.

Masing-masing varian menyemburkan tenaga 161 bhp dan 178 bhp. Penyaluran tenaga ke roda menggunakan transmisi manual enam tingkat percepatan atau transmisi otomatis delapan tingkat percepatan.

Seperti sebelumnya, Jaguar XF menggunakan sistem penggerak roda belakang sebagai standar. Namun, seperti halnya varian F, di wilayah pemasaran tertentu juga ditawarkan dengan sistem penggerak empat roda. Dan seperti Type F, sedan ini dilengkapi sistem peredam aktif.


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment