Monday, April 13, 2015

Berjuang Jadi Pabrikan Nomor 1, Pimpinan VW Justru Bertikai Sengit

Berjuang Jadi Pabrikan Nomor 1, Pimpinan VW Justru Bertikai SengitWolfsburg - Di tengah upaya Volkswagen untuk menggenjot keuntungan dan menjadi pabrikan mobil terbesar di dunia, para pimpinan VW group ini justru bertikai. Ketua Dewan VW, Ferdinand Piech mengkritik tajam Chief Executive Officer VW, Martin Winterkorn.

Seperti diwartakan Reuters, Senin (13/4/2015), kepada majalah Jerman Der Spiege, Piech mengatakan terus terang dia telah menjauhi Winterkorn. Bahkan telah kehilangan kepercayaan kepada pria yang telah memegang jabatan CEO VW Group sejak 2007 lalu itu. Gara-gara kritikan tajamnya itu, Piech malah 'diasingkan' oleh para anggota dewan VW.

Winterkorn merasa percaya diri karena Wolfgang Porsche, yang juga sepupu Piech dan sekaligus Ketua Porsche menyatakan dukungannya kepada Winterkorn. Bahkan, dia dengan lantang menyebut, kritikan Piech terhadap Winterkorn merupakan pendapat pribadi.

"Komentar dari Dr Piech merupakan pendapat pribadinya, yang substansi dan faktualnya belum dikoordinasikan dengan keluarga," ujar Porsche.

Perbedaan pendapat antara Porsche dengan Piech kontan semakin membuat ketidaksukaannya kepada Winterkorn bertambah. Maklum sebagai ahli waris Porsche dia memang memiliki 51 persen saham VW Group. Dia juga tercatat sebagai anggota Dewan VW.

Sementara Wall Street Journal menyebut, pertikaian semakin memanas karena para pendukung Winterkorn mendukung sang CEO. Mereka berdalih Winterkorn telah berhasil membuat penjualan VW Group moncer. Laba pun terus membumbung. Bahkan, jaringan VW di ranah global juga meluas.

Namun, yang aneh adalah, hubungan antara Piech dan Winterkorn serta perjalanan karir sang CEO. Sejarah mencatat, hubungan antara Winterkorn (67 tahun), dengan Piech, 77 tahun, tak ubahnya guru dengan murid.


0 comments:

Post a Comment