Monday, April 13, 2015

Parkir Bertingkat Bawah Tanah, Solusi Parkir Bagi Orang Kaya

Parkir Bertingkat Bawah Tanah, Solusi Parkir Bagi Orang KayaLondon - Lahan parkir yang semakin langka tak hanya menjadi persoalan orang kaya pemilik lebih dari dua atau tiga mobil, tetapi juga mereka yang hanya mermiliki sebuah di kota-kota besar. Namun, bagi orang kaya kini ada satu solusi jitu yakni membangun parkir bawah tanah yang bisa bongkar muat secara hidrolik.

Seperti dilansir Autoevolution, Selasa (14/4/2015), adalah perusahaan ahli konstruksi bawah tanah asal Swiss, Cardok yang menawarkan sistem parkir seperti itu. Konstruksinya seperti sebuah tempat parkir bertingkat di gedung-gedung perkantoran.

Hanya saja, masing-masing lot atau tingkat untuk sebuah mobil. Areal pakir itu kemudian ditanam di sebuah lubang yang menyerupai bunker. Jika lot bagian atas telah ditempati sebuah mobil dan ada mobil lain yang ingin parkir, maka dok tersebut akan secara hidrolis terangkat ke atas untuk memberikan kesempatan mobil lain parkir di lot bagian bawah.

Setelah mobil terpakir di lot dua, maka dok akan menutup atau tersimpan ke bawah tanah. Gerakan buka tutup ini cukup cepat, hanya membutuhkan waktu 30 detik.

Ukuran lot itu dirancang untuk bisa menampung berbagai jenis mobil. Bahkan mobil Sport Utility Vehicle (SUV) berukuran besar sekali pun.

Namun ukuran lot itu merupakan ukuran standar. Cardok bisa merancang setiap lot menampung lebih dari sebuah mobil, tergantung jumlah mobil dan ketersediaan tanah yang dimiliki pemilik mobil.

Garasi yang mirip bungker mobil James Bond itu diklaim lebih aman ketimbang garasi konvensional. Soalnya, bila dok bagian bawah sudah masuk ke ruang bawah tanah dan dok bagian atap menutup rapat ruang bawah tanah, tak ada seorang pun yang mengetahui di bawah dok itu ada garasi mobil atau dok dua.

Hanya, perusahaan itu belum merilis berapa harga dan biaya pemasangan parkir bertingkat bawah tanah itu. Untuk mengetahui detailnya simak tayangan video berikut.