Sunday, April 19, 2015

Kia: BBM dengan RON 90 Lebih Efisien

Kia: BBM dengan RON 90 Lebih EfisienBogor - Secara bertahap, Pertamina berencana menghilangkan bahan bakar Premium dengan kadar oktan (RON) 88. Rencananya, Pertamina akan menambah varian baru BBM, Pertalite dengan RON 90.

PT Kia Mobil Indonesia (KMI) sebagai agen pemegang merek Kia di Indonesia pun menilai, keputusan ini cukup positif. Sebab dikatakan, produksi BBM RON 90 sampai 91 akan lebih efisien.

"Sebetulnya memang yang kami dengar bahwa untuk mendaatkan BBM RON 88 di pasaran dunia sudah tidak ada. Sehingga untuk mendapatkan Premium RON 88 belinya BBM RON tinggi dan ditambahkan bahan-bahan khusus untuk menurunkan RON," ucap Direktur Pemasaran PT KMI, Hartanto Sukmono di Bogor, Minggu (19/4/2015) kemairn.

Kondisi itulah yang membuat produksi Premium lebih boros, menurut Hartanto. Soalnya, Pertamina harus membeli bahan lain untuk mencampuri ke Premium.

Makanya, Hartanto menilai, kebijakan Pertamina ini merupakan hasil pemikiran yang realistis. Sebab, kata Hartanto, buat apa beli BBM RON tinggi tapi diturunkan lagi kadar oktannya.

"Saya kira pemerintah sekarang lebih berpikir realistis. Kalau belinya. RON lebih tinggi ngapain di-blended lagi biar RON-nya rendah," katanya.

Jikapun premium sampai dihilangkan dari dispenser, hanya akan berakibat dalam jangka pendek.


0 comments:

Post a Comment