Monday, April 27, 2015

Mobil Tanpa Sopir Renault-Nissan Hadir Satu Dekade Lagi

Mobil Tanpa Sopir Renault-Nissan Hadir Satu Dekade LagiTokyo/Paris - CEO Renault-Nissan, Carlos Ghosn telah mengungkapkan rencananya untuk menggarap mobil tanpa sopir. Dikatakan, mobil yang bisa berjalan sendiri sepenuhnya dari Renault-Nissan akan hadir satu dekade ke depan.

Teknologi mobil otonom dari Renault-Nissan memang akan dimulai akhir tahun depan. Namun, tahun depan itu Renault-Nissan hanya menerapkan sistem yang belum memungkinkan untuk menjadi mobil otonom sepenuhnya.

Sistem Traffic Jam Pilot yang akan diluncurkan akhir tahun 2016 menjadi langkah awal Renault-Nissan untuk menggarap mobil otonom sepenuhnya. Sistem itu memungkinkan mobil untuk berjalan sendiri dalam keadaan lalu lintas yang padat dan mengharuskan stop-and-go.

Dua tahun berikutnya, tepatnya 2018, Renault-Nissan akan memperkenalkan sebuah sistem yang memungkinkan mobil untuk menghindari bahaya dan berpindah jalur secara otomatis.

Tak lama kemudian, Renault-Nissan akan memperkenalkan kendaraan yang bisa menavigasi tanpa intervensi pengemudi pada hampir semua situasi.

Ghosn mengatakan, mobil otonom sepenuhnya yang tidak membutuhkan peran pengemudi untuk dioperasikan tidak akan hadir dalam waktu dekat. "Setidaknya sampai satu dekade ke depan," katanya.

Dia melanjutkan, mobil otonom sepenuhnya kemungkinan akan hadir sebelum pihaknya diizinkan untuk menggunakannya. Sebab, ada sejumlah peraturan, hukum dan keamanan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.


(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment