Wednesday, April 22, 2015

Pasar Lesu, Penjualan Nissan Juke Masih Penuhi Target

Pasar Lesu, Penjualan Nissan Juke Masih Penuhi TargetBogor - Pasar otomotif di Tanah Air hingga akhir kuartal pertama kemarin masih lesu akibat perekonomian yang melemah. Namun, di tengah kondisi seperti itu, crossover Nissan Juke masih mencorong.

"Dalam tiga bulan pertama tahun ini, rata-rata per bulan mencapai 200 - 250 unit. Artinya ini masih on the track dari target yang kami tetapkan," tutur General Manager Marketing and Product Planning Nissan Motor Indonesia, Budi Nur Mukmin kepada detikOto di sela test drive Nissan Juke-R di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/4/2015).

Menurut Budi, catatan penjualan sebanyak itu terbilang prestasi tersendiri. Soalnya, pada saat yang sama hampir semua varian dari berbagai merek yang ada di Indonesia membukukan penurunan penjualan.

Dia berharap kondisi itu bisa berlanjut pada kuartal kedua hingga empat tahun ini. Budi berpendapat, lesunya pasar otomoti sejatinya sudah dirasakan sejak tahun lalu. Perhelatan pemilihan umum yang menjadikan orang bersikap menunggu, menyebabkan kinerja penjualan industri otomotif melemah.

Dan kondisi itu semakin bertambah berat ketika nilai tukar rupiah mulai tak berdaya di hadapan dolar.

"Melemahnya nilai tukar ini ternyata berlanjut sampai sekarang. Padahal multiplier effect-nya sangat besar, saat harga BBM juga naik. Jadilah kondisi seperti saat ini," papar Budi.

Dampak berantai dari pengerekan harga BBM itu antara lain semakin tingginya suku bunga dan angka inflasi. Akibatnya, orang juga menunggu sampai kondisi pulih.Sementara menyinggung kehadiran pesaing, Budi mengaku tak berpengaruh besar terhadap Juke. Selain segmentasinya berbeda, juga dikarenakan Nissan memiliki brand image yang cukup kuat.

"Juke memiliki aura sport. Oleh karena itu, saat ini kita juga menghadirkan Juke-R ini, agar citra merek Juke juga semakin terangkat," ucapnya.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment