Saturday, August 8, 2015

Berkendara Aman di Sekitar Pengguna Motor

Berkendara Aman di Sekitar Pengguna MotorJakarta - Lalu lintas kota-kota besar seperti di Jakarta pasti dipenuhi kendaraan bermotor roda dua. Mungkin sebagian pengendara kendaraan roda empat sering jengkel dengan sikap pengendara sepeda motor yang seenaknya memotong jalur.

Padahal, hal tersebut sangat berbahaya bagi pengendara motor sendiri maupun mobil di dekatnya.

Instruktur Safety Driving dari Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Boy Falatehansyah ada beberapa sifat pengendara sepeda motor di Indonesia yang harus dimengerti oleh pengemudi mobil.

Pertama, pengendara sepeda motor sering bergerak dengan cepat. Sebaliknya, ada juga pengendara sepeda motor yang berjalan lambat.

Kedua, pemotor sering bergerak dari berbagai arah dan cenderung lebih agresif. Boy mengatakan, mayoritas korban kecelakaan yang meninggal dunia adalah pengendara sepeda motor yang tidak peduli dengan sifat agresifnya.

"61 persen korban kecelakaan yang meninggal dunia adalah pengendara roda dua. Karena mereka enggak peduli dan cenderung pindah-pindah jalur. Sebenarnya kita harus tahu siapa yang jadi prioritas (agar tidak saling menyerobot)," jelas Boy.

Selain itu, pengendara motor tidak jarang berada di area blind spot yang tidak terlihat oleh pengemudi mobil. Mereka juga sangat labil dengan keseimbangan.


0 comments:

Post a Comment