Monday, September 14, 2015

Hybrid Masih Mahal, Suzuki Tawarkan SHVS

 Hybrid Masih Mahal, Suzuki Tawarkan SHVSJakarta - Mobil hybrid harganya masih mahal untuk pasaran Indonesia. Harganya bisa dua kali lipat dari mobil konvensional dengan tipe yang sama. Karena itu Suzuki manawarkan sistem SHVS agar mobil bisa lebih ramah lingkungan.

"Kalau untuk ini, kita menyarankan ke smart hybrid. Karena menurut kami mobil hybrid itu masih terlalu mahal, dan mobil ini tidak bisa dirasakan oleh seluruh pengendara," ucap Deputy 4W Managing Director PT SIS, Davy J. Tuilan di Jakarta.

"Makanya kami menawarkan smart hybrid, sebuah teknologi dari Suzuki yang bisa dirasakan semua pengendara," tambah Davy.

Smart hybrid ala Suzuki ini sudah diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) beberapa waktu lalu. Teknologi disebut Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

"Itulah kenapa kami memperkenalkan kemarin (di GIIAS). Karena kami ingin, saat pemerintah benar-benar mengeluarkan regulasinya, kita sudah siap, dan bisa dinikmati semua orang. Makanya kami memperkenalkan smart hybrid ini" kata Davy.

Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Sistem terdiri dari sebuah ISG (integrated starter generator), yang menghasilkan tenaga menggunakan motor.

Energi yang terbuang dalam sistem ini bisa dimanfaatkan kembali oleh sistem hybrid. Sistem dipadukan dengan baterai ion lithium yang membuat proses regenerasi energi yang terbuang saat pengereman bisa cocok untuk sebuah mobil kecil. Hasilnya konsumsi BBM yang irit pun bisa didapatkan.


(lth/ddn)

0 comments:

Post a Comment