Thursday, October 15, 2015

2 Instruktur Indonesia Siap Tarung di Kompetisi Safety Riding

2 Instruktur Indonesia Siap Tarung di Kompetisi Safety RidingSuzuka - Dua orang instruktur keselamatan bermotor dari Indonesia mengikuti The 16th Safety Japan Instructors Competition di Sirkuit Suzuka, Jepang pada tanggal 15-16 Oktober 2015. Mereka bersaing dengan peserta dari 9 negara lainnya.

Dua orang wakil dari Astra Honda Motor (AHM) itu adalah M. Ady Sucipto dan Iskandar. M. Ady Sucipto turun di kelas 400 cc. Kelas ini diikuti 10 peserta. Dia pada tahun sebelumnya 2014 menjadi juara 1 kelas 125 cc.

Sedangkan Iskandar bertanding di kelas 125 cc yang diikuti 7 peserta. Iskandar adalah juara nasional kompetisi safety riding tahun 2015 yang diadakan di Palembang.

Sepuluh negara yang mengikuti The 16th Safety Japan Instructors Competition adalah Jepang, Indonesia, Turki, Singapura, Vietnam, Thailand, India, Taiwan, Australia dan Malaysia.

Pada kompetisi hari ini, Kamis (15/10/2015) peserta mengikuti dua lomba yakni keterampilan mengerem di jalur lurus dengan jarak sekitar 50-an meter. Kompetisi kedua adalah semua peserta melakukan slalom.

Sedangkan pada hari terakhir Jumat (16/10/2015) peserta akan diuji pada sebuah papan lurus yang sempit atau narrow plank. Setelah itu akan dilakukan pengumuman pemenang.

Hiroki Yoshida, General Manager Honda Driving Safety Promotion Center mengatakan kompetisi yang diikuti 10 negara dengan 67 instruktur setiap tahun mengalami peningkatan. Kompetisi ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan keselamatan dalam bermotor.

Menurutnya saat ini produsen kendaraan harus ikut berperan dalam melakukan program keselamatan berkendaraa.

"Kompetisi ini tidak hanya menguji skill dari para instruktur saja, tapi kami terus meningkatkan pengetahuan terutama keselamatan dalam bermotor. Ini yang penting dan terus kami lakukan," ungkap Hiroki.


(bgs/ddn)

0 comments:

Post a Comment