Thursday, October 15, 2015

Terseret Skandal Uji Emisi VW, Harga Jual Mobil Audi Tak Anjlok

Terseret Skandal Uji Emisi VW, Harga Jual Mobil Audi Tak AnjlokSydney - Meski telah terbukti beberapa modelnya terkait dengan penggunaan perangkat lunak untuk mengelabui hasil uji emisi yang dilakukan Volkswagen (VW) selaku induk perusahaannya, namun penjualan kembali mobil Audi diyakini tak bakal terperosok. Bahkan penjualan model yang ada pun tak terpengaruh.

Penegasan itu diungkapkan Managing Director Audi Australia, Andrew Doyle. Menurutnya, saat ini VW sendiri telah bekerja keras untuk melakukan serangkaian pembenahan di mesin diesel EA189 berstandar Euro5 â€Â" yang menjadi biang skandal emisi â€Â" agar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

"Ini tujuan kami untuk memastikan bahwa kami melakukan segala yang kami bisa untuk mempertahankan dan membantu di mana pelanggan yang ingin perdagangan mobil (bekas) tetap berjalan," kata dia seperti dilansir Car Advice, Kamis (15/10/2015).

Menurutnya, meski terkait skandal hasil uji emisi, namun mesin diesel E A189, tetap tak terpengaruh. Soalnya, dari sisi keamanan dan kenyamanan berkendara, mobil yang mengusung mesin tersebut tak mengalami perubahan. Fakta menunjukkan, yang berubah adalah tingkat emisi gas buang saja.

Meski begitu, Doyle menegaskan pihaknya tetap bekerja keras hingga larut malam untuk melakukan perbaikan mobil yang masuk dalam fadtar penarikan untuk diperbaiki agar tingkat emisinya sesuai. Maklum, di Australia tak kurang dari 16.000 unit mobil yang harus diperbaiki, dan cara itu merupakan ungkapan dari permintaan maaf yang tulus.

“Sebuah track record menunjukkan bahwa kami melewati proses penarikan secara efisien dan akan melakukan lagi. Saya percaya pada tahap ini, dampak benar-benar akan diminimalkan,” kata dia.

Sementara itu, penarikan oleh VW Group secara besar-besaran terjadap mobil besutan VW Group â€Â" termasuk Audi â€Â" yang terkait dengan skandal uji emisi akan ditarik mulai 2016 mendatang. Sedikitnya ada 11 juta mobil yang terindikasi memiliki kaitan dengan skandal itu.

Sedangkan untuk mobil Audi yang terkiat dengan skandal itu dan dijual di Australia, terdiri dari mobil bermesin 1.600 cc TDI dan 2.000 cc TDI yakni varian Audi A4, Audi A5, serta Audi Q5. Jumlah mereka setara dengan 4-5 persen dari mobil yang terjual saat ini.

Audi Australia mengaku telah mengirim surat pemberitahuan kepada pemilik mobil untuk dilakukan perbaikan. Proses itu dilakukan dengan menggandeng pemerintah serta lembaga perlindungan konsumen dan pengawas persaingan usaha Australia.

Adapun soal isu gugatan class action yang kabarnya akan diajukan sebuah firma hukum Maurice Blackburn, Doyle mengaku belum mendengarnya.



(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment