Thursday, October 15, 2015

Transmisi Bermasalah, Ratusan Ribu Kia Sorento Ditarik di Amerika

Transmisi Bermasalah, Ratusan Ribu Kia Sorento Ditarik di AmerikaCalifornia - Kia Motors Amerika menarik 377 ribu unit lebih Sport Utility Vehicle (SUV) Kia Sorento model 2011, 2012, dan 2013 di wilayah Amerika Serikat. Model tersebut ditengarai mengalami masalah pada komponen sistem transmisinya.

Buletin Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) yang dilansir The Car Connection, Jumat (16/10/2015), menyebut komponen dari transmisi rusak sehingga mobil berpotensi terus menggelinding seolah gigi transmisi dalam posisi netral. Komponen yang dimaksud adalah interlock rem-shift yang diproduksi oleh SL Tennessee, Amerika Serikat.

NHTSA mengatakan jika pengemudi terlalu kuat saat memindahkan tuas transmisi untuk pergantian gigi, maka interlock akan retak.Walhasil, jika diparkir di sebuah lereng, kendaraan bisa menggelinding, melukai penumpang, orang atau kendaraan lain.

Mobil yang ditengarai bermasalah merupakan model yang diproduksi antara 19 Oktober 2009 dan 31 Januari 2013. Jumlahnya mencapai 377.062 mobil.

Kia mengaku telah menerima 54 klaim garansi terkait dengan masalah tersebut, serta 14 keluhan dari pemilik mobil. Bahkan tiga orang dilaporkan cidera akibat masalah itu, seorang diantaranya mengaku akibat mobil yang menggelinding dan menabrkan anaknya sehingga menyebabkan kaki anak retak.

Kia akan mengirimkan pemberitahuan penarikan kepada pemilik pada 24 November 2015. Setelah menerima pemberitahuan tersebut, pemilik dapat mengirim mobil mereka ke diler untuk mendapatkan perbaikan.





(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment