Thursday, November 26, 2015

Ketahui Penyebab Ban Jadi Benjol

Ketahui Penyebab Ban Jadi BenjolJakarta - Pemilik kendaraan terkadang merasakan getaran ketika berkendara, terutama para pemilik mobil yang merasakan kondisi ini. Salah satu penyebabnya, mungkin terjadi pada ban mobil Anda terdapat benjol-benjol.

Kondisi tersebut tentu mengganggu kenyamanan berkendara, dan bisa saja menjadi sesuatu yang berisiko buruk.

Penyebab ban benjol-benjol bermacam-macam, seperti pengisian angin dengan tekanan berlebihan. Bisa juga karena ban deformasi bentuk karena kurang tekanan dan mengalami beban berlebihan.

Penyebab lainnya adalah karena terkena batu tajam atau karena Toe In/Toe Out, sehingga ban perlu penyetelan (spooring).

Bisa juga karena ban mobil terkena paku atau sekrup, tetapi tidak dapat menembus ban, sehingga mencuat melebihi permukaan telapak ban, ketika ban berputar menimbulkan suara bising atau getaran.

Untuk mengetahui kondisi ban benjol tersebut, Anda bisa berkendara di jalan lurus dengan aspal yang halus. Hal ini biasanya akan muncul getaran berulang, jika semakin cepat melaju, maka getaran akan semakin sering.

Jika penyebab dari ban yang tiba-tiba bergetar atau berisik, bisa saja karena ban mobil menginjak tanah liat, sehingga menempel di ban, namun biasanya pada saat kering akan terlepas dengan sendirinya.

Cara mengetahui ban benjol

Langkah pertama adalah mendongkrak mobil sampai ban terangkat sekitar 0,5 cm. Kemudian ganjal ban pada persilangan ban yang akan diperiksa, lalu lepas rem tangan agar ban bisa berputar (roda belakang).

Putar roda, perhatikan apakah pada ketinggian 0,5 cm dari tanah ini ada bagian yang tersangkut di tanah yang menandakan bagian tersebut adalah bagian yang benjol.

Selanjutnya, jika memang ada ban yang lebih baik bisa diganti ban yang benjol tersebut, cek juga tekanan anginnya.

Sebaiknya isi tekanan angin dengan tekanan standar yang bisa Anda pelajari dari buku manual agar mobil tenang atau tidak bergetar ketika berjalan.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment