Thursday, November 26, 2015

Lagi, Toyota Tarik 1,6 Juta Mobil Terkait Airbag Takata

Lagi, Toyota Tarik 1,6 Juta Mobil Terkait Airbag TakataTokyo - Toyota Motor Corporation kembali akan melakukan penarikan sukarela (recall) sebanyak 1,6 juta mobil buatannya terkait dengan airbag Takata bermasalah yang digunakan mobil-mobil tersebut. 

Kendaraan yang ditarik itu terdiri dari 22 model yang dibuat pada 2004 dan 2008.

Seperti dilaporkan Auto Guide, Kamis (26/11/2015), mobil yang akan ditarik itu berada di Jepang, Italia, Inggris, dan Spanyol. Sedangkan diantara model yang ditarik terdapat Corolla dan Toyota Yaris.

Beberapa waktu lalu, Toyota telah menyatakan menarik 15 juta mobil terkait airbag Takata yang cacat produksi itu. Inflator airbag tersebut berpotensi mengembang secara tiba-tiba dan berlebihan, sehingga meledak.

Akibat ledakan keras, komponen di peranti itu pecah dan serpihannya berhamburan keluar. Serpihan itulah yang telah melukai sejumlah pengguna mobil dan delapan diantaranya tewas.

Sebelumnya, Toyota telah dikenai denda senilai US$ 70 juta atau sekitar Rp 959 miliar karena masalah ini. Nilai tersebut disebut bisa dinaikkan menjadi US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,74 triliun, jika Toyota tak mematuhi perjanjian lima tahunan soal ketentuan pelaporan mobil yang ditengarai bermasalah.

Lantaran penarikan besar-besaran yang harus dilakukannya karena airbag Takata bermasalah, Toyota, Ford, Honda dan Nissan menghentikan kontrak pasokan dengan Takata Corporation. Mereka ogah menggunakan lagi airbag dari pabrikan itu.


(arf/ddn)

0 comments:

Post a Comment