Thursday, November 26, 2015

Bologna, Negeri Motor dan Mobil Italia

Bologna, Negeri Motor dan Mobil ItaliaBologna - Selain dikenal sebagai negeri sepakbola, Italia juga dikenal sebagai kiblatnya dunia otomotif. Siapa yang tidak dikenal Ferrari, Lamborghini, Maserati atau Ducati?

Ya merek-merek itu berada di kota, Bologna dan sekitarnya. Bologna sendiri adalah sebuah kota yang dipenuhi dengan desain arsitektur klasik. Jalanan di kota utamanya relatif sempit, tanpa aspal tetapi dari batu-batuan kotak berukuran besar.

Tetapi kalau anda seorang pejalan kaki pasti akan menikmati berjalan-jalan di Bologna. Bangunannya saling terkoneksi dan memiliki arcades (atap) sehingga kalau kehujanan kita tidak akan terlalu basah. Jadi tak salah jika Bologna disebut juga city of arcades.



Salah satu arcades di kota Bologna.

“Bologna itu tanahnya motor dan mobil,” tutur Ilaria, seorang warga Italia. Ilaria menemani detikOto dan beberapa media lainnya mengikuti tur di fasilitas pabrik dan museum Ducati di kota yang terkenal dengan spaghetti-nya itu.

Dia menyebutkan di Bologna dan sekitarnya ada Ducati, Maserati, Lamborghini, Ferrari (di Maranello, tidak jauh dari Bologna) dan sejumlah perusahaan kecil di sekitar Bologna dan Modena yang namanya saja sulit diingat detikOto.

Contoh lain dari perusahaan otomotif itu adalah De Tomaso yang memiliki mobil sedan Pantera.

Kenapa semua merek besar itu bisa ada di satu wilayah sekaligus? Pasquale Mesto dari Archivisio Storico Motociclisto Stalentino punya jawabannya.

“Di Bologna ada sebuah sekolah mekanik, semua pendiri-pendiri perusahaan besar itu belajar di sana,” ujar pria berumur 57 tahun ini.

Sekolah mekanik yang dimaksudnya adalah Istituto Aldini Valeriani. Sebuah institut yang didirikan oleh Lugi Valeriani dan Giovanni Aldini pada 1844.




(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment