Sunday, December 13, 2015

Ford Siapkan 13 Mobil Listrik Baru Hingga 2020

Ford Siapkan 13 Mobil Listrik Baru Hingga 2020Michigan - Persaingan di mobil listrik pada tahun depan bakal semakin sengit dengan kehadiran mobil listrik terbaru Ford Focus. Produsen mobil asal Amerika Serikat itu bakal memiliki 13 mobil baru di segmen mobil listrik hingga 2020 mendatang.

Produsen mobil saat ini tengah bersaing untuk meluncurkan mobil terbaik di segmen mobil listrik. Misalnya saja Porsche yang baru-baru ini mengumumkan akan memproduksi mobil sport listrik empat pintu, Mission E. Mobil buatan Jerman itu bakal beredar di jalan raya pada 2020 mendatang.

Selain Porsche, produsen mobil asal Amerika Serikat, Tesla juga tengah gencar-gencarnya mempromosikan mobil listrik kebanggaan mereka. Pesaing baru, Faraday Future juga akan meramaikan segmen mobil listrik.

Melihat hal itu, Ford juga tidak mau ketinggalan. Ford bakal memproduksi salah satu dari 13 model mobil listrik baru, Ford Focus dengan nilai investasi US$ 4.5 miliar atau Rp 62,8 triliun. Proses produksi mobil listrik itu dimulai pada tahun depan dan ditargetkan mobil mampu menempuh jarak 160 km.

Dilansir Fortune, Minggu (13/12/2015), sebagai langkah persiapan produksi, Ford telah mengembangkan teknologi baterai yang terdapat di wilayah Eropa dan Asia untuk penelitian dan pengembangan. Sebanyak 120 insinyur bergabung dalam tim untuk pengembangan mobil listrik di laboratorium Ford yang berlokasi di Dearborn, Michigan, Amerika Serikat.

Tim insinyur itu juga menggandeng partner yang berasal dari Cina, Inggris, dan Jerman dalam mengembangkan baterai tahan lama dan ringan untuk diaplikasikan pada mobil Ford.

Mobil listrik itu juga diklaim Ford lebih cepat dalam pengecasan dibanding pada model sebelumnya. Dalam waktu 30 menit, dapat mengisi kapasitas hingga 80%. Untuk mobil bertenaga listrik dan hybrid, Ford telah memasarkan tipe Focus, Fusion, dan C-Max.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment