Sunday, December 13, 2015

Yamaha Pindah Lubang Tangki BBM Motor MotoGP ke Belakang

Yamaha Pindah Lubang Tangki BBM Motor MotoGP ke BelakangTokyo - Yamaha melakukan ubahan yang cukup signifikan di motor tim balapnya di ajang MotoGP menyongsong musim balap 2016. Selain mengganti bannya dengan ban Michelin, pabrikan ini juga memindah lubang tangki bahan bakar yang sebelumnya di depan, ke bagian belakang atau di bawah jok.

Seperti dilansir Crashnet, Minggu (13/12/2015), memang tidak diketahui secara persis bagaimana dengan tim-tim lain, namun mereka diperkirakan masih menggunakan lubang tangki yang berada di depan pengendara. Yamaha melakukan hal itu seiring dengan aturan baru penyelenggara MotoGP yang memperbolehkan penambahan bahan bakar motor hingga dua liter.

Namun, yang pasti, penempatan lubang tangki BBM ke bagian belakang di bawah jok itu sudah diperkenalkan Yamaha di ajang Grand Prix di Sikurit Motegi, Jepang, Oktober lalu. Saat itu moncong tangki di belakang itu sudah ada di motor yang ditunggangi pebalap wild card, Katsuyuki Nakasuga.

Bahkan, dua pebalap Movistar Yamaha yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi juga sudah mengetes motor dengan lubang BBM di belakang itu. Mereka melakukannya di Sirkuit Aragon, pada September, dan di Sirkuit Valencia pada November lalu.

"Motor 2016 yang kami coba di Aragon disesuaikan dengan ban Michelin untuk mendapatkan kinerja terbaik. (Monocong) tangki BBM di belakang jok, sebelumnya di depan pebalap," tutur Lorenzo.

Ihwal penggantian ban, Manajer Lorenzo, Wilco Zeelenberg, mengatakan, saat menggunakan ban Bridgestone daya cengekeram motor sebagian besar diberikan di roda bagian depan. Sedangkan saat menggunakan ban Michelin, cengkeram ban belakang dianggap lebih dominan.

Hal itu terjadi, karena distribusi berat motor dialihkan ke bagian depan untuk kompensasi. "Keseimbangan daya cengkeram terasa berbeda (saat menggunakan ban Michelin). Tapi kami juga mendapat tambahan dua liter BBM untuk musim depan, jadi kami butuh menambah volume untuk (tangki) bahan bakar," ujar Zeelenberg.

Selama beberapa musim balap terakhir, tim Yamaha dan Honda hanya diperbolehkan mengisi 20 liter BBM di motor. Sehingga, dengan tambahan kapasitas tangki, maka BBM yang bisa dibawa bertambah menjadi 22 liter.

Dengan desain tangki yang baru itu, Yamaha juga memiliki kesempatan bereksperimen terutama untuk mendapatkan distribusi bobot dan geometri motor yang lebih sempurna. Terutama dengan penggunaan ban baru, Michelin di musim balap 2016.
(arf/rgr)

0 comments:

Post a Comment