Sunday, December 6, 2015

Ini Alasan Harga Tipe Q Innova Terbaru Tembus Rp 423,8 Juta

Ini Alasan Harga Tipe Q Innova Terbaru Tembus Rp 423,8 JutaJakarta - Sebagai varian Multi Purpose Vehicle (MPV) medium, banderol tipe Q Toyota Kijang Innova terbaru memang terbilang wah. Namun, PT Toyota Astra Motor (TAM) menyebutnya, harga itu masih dalam batas wajar alias tak melampui batas psikologis, karena tipe itu diperuntukan bagi konsumen emosional yang tak begitu sensitif terhadap harga.

“Kami kira, dalam konteks segmen yang dituju, harga ini masih dalam batas wajar, di bawah ambang batas psikologis.Kenapa, karena kehadiran tipe ini juga berdasar masukan dari mereka, yakni konsumen yang menginginkan Innova tampil lebih mewah dan fitur lengkap,” papar Direktur Pemasaran PT TAM, Rahmat Samulo, saat ditemui di Denpasar, Bali, kemarin.

Menurutnya, sebagian besar pemberi masukan yang juga sekaligus ingin agar Innova tampil lebih mewah adalah mereka yang sebelumnya pengguna mobil ini. Mereka terdiri dari berbagai latarbelakang sosial, namun bisa diperkirakan merupakan kelompok konsumen emosional.

Mereka, lanjut Samulo, adalah kelompok konsumen yang membeli mobil bukan sekadar memenuhi kebutuhan dasar dengan perhitungan yang ketat. “Tetapi orang-orang yang sebelumnya memiliki mobil atau bahkan beberapa mobil, dan ini untuk memenuhi kebutuhan emosional,” ujarnya.

Toyota Innova mereka pilih karena mobil itu, saat ini bukan lagi sekadar mobil keluarga untuk kebutuhan sarana transportasi belaka. Namun, mobil ini telah naik kelas menjadi sarana pelengkap penampilan seseorang.

Para penggunanya pun tak hanya keluarga atau individu tertentu, tetapi juga digunakan sebagai kendaraan dinas, baik pejabat pemerintah maupun swasta. Karena itulah, lanjut Samulo, Toyota berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun, sesuai dengan tambahan kelengkapan fitur dan teknologi yang ditanam pada mobil tersebut maka harganya juga lebih tinggi. “Memang, karena ceruk segmen ini (konsumen emosional) ini kan tidak sebesar segmen lainnya, maka kami tidak mematok target yang besar dalam penjualannya, ya sekitar 15 persen lah (dari total penjualan Innova),” jelasnya.

Data PT TAM menunjukan, harga Tipe Q Kijang Innova terbaru adalah sebagai berikut :

Bermesin Bensin M/T Rp 364,7 juta
Bermesin Bensin A/T Rp 384,8 juta
Bermesin Diesel M/T Rp 402,4 juta
Bermesin Diesel A/T Rp 423,8 juta


(arf/arf)

0 comments:

Post a Comment