Sunday, December 27, 2015

Mobil Otonom Tesla Rampung 2 Tahun Lagi

Mobil Otonom Tesla Rampung 2 Tahun LagiCalifornia - Produsen mobil listrik, Tesla dengan 'pede' mengabarkan bahwa mobil otonom buatan mereka bakal rampung dalam dua tahun mendatang. Bagi CEO Tesla, Elon Musk, membuat mobil otonom adalah hal yang mudah.

Musk memang terkenal sebagai pribadi yang sering mengungkapkan pernyataan secara to the point. Di saat produsen mobil lain masih memprediksi kapan kiranya mobil buatan mereka bakal rampung, Musk dengan bangga dan percaya diri mengatakan, mobil otonom buatan Tesla bakal rampung dalam dua tahun mendatang.

Baginya, membuat mobil otonom tidaklah sesulit yang orang pikirkan. Musk mengatakan, untuk membuat mobil tanpa sopir tersebut, hanya menggabungkan beberapa bagian yang memang telah ada pada saat ini.

"Saya pikir kami semua punya bagian, dan ini hanyalah tentang bagaimana menempatkan mereka di suatu tempat, dan memastikan bahwa pekerjaan tersebut berfungsi dengan baik di sejumlah lingkungan, dan selesai," kata Musk.

"Kami tengah menyelesaikan mobil otonom, saya pikir produksi bakal selesai sekitar dua tahun mendatang," lanjut Musk, dilansir Fortune, Senin (28/12/2015).

Jangka waktu dua tahun yang disebutkan oleh Elon, bukanlah berarti mobil buatan Tesla bakal beredar bebas di jalanan dalam waktu dua tahun itu. Dengan waktu pelaksanaan uji coba pada keselamatan dan peraturan yang ditetapkan pemerintah, akan memakan waktu lima tahun sebelum mobil otonom tersebut lalu lalang di jalanan.

Jika mobil otonom buatan Tesla rampung, maka salah satu kompetitor yang harus dihadapi adalah Google. Prototipe mobil otonom buatan Google telah diperkenalkan pada Juni 2015 lalu. Prototipe tersebut diuji coba tanpa setir kemudi maupun gas kemudi. Direncanakan mobil otonom Google bakal mulai dikomersialkan pada 2020 mendatang.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment