Thursday, January 7, 2016

Setir Pintar Ini Bisa Rasakan Pergerakan Tangan Pengemudi

Setir Pintar Ini Bisa Rasakan Pergerakan Tangan PengemudiLas Vegas - Pameran Consumer Electronics Show (CES) 2016 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat menampilkan karya inovasi dan teknologi canggih dari beberapa segmen.

Termasuk industri otomotif. Salah satunya yakni SMARTwheel. Setir pintar tersebut dibuat oleh pemuda berusia 20 tahun.

Setir kemudi pintar SMARTwheel dibuat oleh Tristan Evarts, pemuda berusia 20 tahun yang menunda untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. USA Today, Kamis (7/1/2016) menyebut Tristan membuat setir pintar tersebut untuk memudahkan pengemudi dalam menyetir kendaraan.

Tak hanya itu, teknologi yang dibuat oleh Tristan juga akan memberi peringatan saat pengemudi melakukan sesuatu yang dapat membahayakan saat menyetir, misalnya mengetik pesan teks atau memegang makanan sambil menyetir.

"Teknologi dapat menjadi bagian dari masalah, dapat pula bagian dari solusi. Mimpi saya ingin teknologi (SMARTwheel) ini terdapat di setiap mobil di Amerika Serikat," kata Tristan.

SMARTwheel dapat mendeteksi pergerakan tangan dan menggunakan alat akselerometer untuk merasakan pergerakan. Jika pengemudi meninggalkan setir terlalu lama, atau tangan tidak berada di setir, SMARTwheel akan memberikan tanda peringatan.

Rencananya teknologi buatan Tristan ini tersedia pada pertengahan 2016 dengan harga US$ 200 atau sekitar Rp 2,7 juta.
(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment