Friday, February 12, 2016

BMW Motorrad Kembangkan Sasis Karbon Fiber untuk Motor

BMW Motorrad Kembangkan Sasis Karbon Fiber untuk MotorMunich - Sasis karbon fiber tak hanya digunakan pada mobil. BMW Motorrad, divisi roda dua BMW pun sedang mengembangkan teknologi sasis karbon fiber untuk sepeda motor.

Diberitakan Motorcyclenews, Jumat (12/2/2016), Penanggung jawab Penelitian dan Pengembangan BMW, Karl Viktor Schaller mengkonfirmasi hal itu. Selain itu, BMW juga telah membeli sebuah perusahaan manufaktur karbon fiber untuk memenuhi tuntutan mobil baru BMW, termasuk i3, i8 dan Seri 7.

"Mungkin ada sejumlah sepeda motor di mana teknologi karbon fiber dapat diperkenalkan. Kami telah melihat teknologi ini pada mobil kami dan ini adalah level paling atas," kata Schaller.

Dia melanjutkan, teknologi ka rbon fiber juga akan sama pada sepeda motor. Dia melihat ada desain fungsional dalam karbon fiber yang tidak didapat dari aluminium.

"Saat ini BMW melakukan banyak penelitian di serat karbon untuk sepeda motor," ucapnya.

Menurutnya, materi yang dibutuhkan teknologi sasis aluminium dengan karbon fiber berbeda. Oleh karena itu, BMW memikirkan kembali bagaimana sepeda motor dirancang dari awal dengan menggunakan sasis karbon fiber.

"Ini telah menjadi salah satu elemen yang paling mengejutkan dari pengujian dan evaluasi yang telah kami lakukan sejauh ini. Kami telah menemukan bahwa dalam keadaan tertentu karbon fiber jauh lebih kuat dan lebih baik dalam menahan kerusakan kecelakaan," kata Schaller.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment