Friday, February 12, 2016

Regulator Keselamatan AS Setuju Mobil Otonom Google Tak Perlu Setir

Regulator Keselamatan AS Setuju Mobil Otonom Google Tak Perlu SetirCalifornia - Saat ini, mobil otonom yang sedang diuji di beberapa negara diharuskan untuk memiliki setir, pedal rem dan pedal gas serta membutuhkan pengemudi yang bisa mengoperasikan mobil jika diperlukan. Namun kini, regulator keselamatan Amerika Serikat setuju bahwa mobil otonom tidak harus punya perangkat utama itu, seperti pada mobil otonom Google.

Diberitakan CNN, Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA) memberikan lampu hijau kepada Google untuk terus memproduksi mobil otonom tanpa ketiga perangkat utama itu. NHTSA memerikan sinyal 'OK' pada ide mobil otonom Google tanpa setir dan sebagainya melalui surat yang dikirim secara online ke CNN.

NHTSA mengatakan, komputer yang mengendalikan mobil otonom akan dianggap sebagai pengemudi. "Kami setuju dengan mobil otonom Google yang tidak akan memiliki 'pengemudi' dalam arti tradisional, bahwa kendaraanh telah memiliki pengemudi selama lebih dari seratus tahun terakhir," tulis surat NHTSA itu.

Google telah mengatakan kepada regulator keselamatan selama bertahun-tahun bahwa mobil otonomnya lebih aman daripada mobil yang dikendarai oleh manusia. Karenanya, Google percaya lebih baik tidak memberikan perangkat yang memungkinkan manusia mengambil kontrol.

Saat ini, Google masih belum memiliki persetujuan untuk mengedarkan mobil otonom di jalan raya. Namun, NHTSA mengatakan, mungkin diperlukan perubahan peraturan dan prosedur pengujuan sebelum persetujuan akhir dapat diberikan.
(rgr/lth)

0 comments:

Post a Comment