Wednesday, April 6, 2016

Faktor Kemenangan Balap Mobil Otonom ada di Tangan Ilmuwan Komputer

Faktor Kemenangan Balap Mobil Otonom ada di Tangan Ilmuwan KomputerWashington - Pada mobil balap konvensional, faktor pebalap memegang peranan penting. Pada balap mobil otonom, menang atau kalahnya ada di tangan ilmuwan komputer.

Menyambut kelahiran mobil otonom, Roborace balap mobil berteknologi otonom akan digelar. Seperti dilansir Autoblog, Rabu (6/4/2016), superkomputer dari salah satu perusahaan teknologi komputasi visual, Nvidia akan menyediakan perangkat untuk balap mobil otonom.

RoboRace akan digelar mulai akhir tahun ini yang berafiliasi dengan Formula E. CEO dan Co-Founder Nvidia, Jen-Hsun Huang mengatakan, hasil balap mobil otonom ditentukan oleh kreativitas pada ilmuwan komputer.

Nvidia mengumumkan, pla tform Drive PX 2 supercomputing akan berfungsi sebagai otak di balik mobil otonom yang digunakan dalam seri RoboRace perdana.

Nvidia telah memperkenalkan platform PX 2 ini di ajang CES awal 2016 lalu. PX 2 memiliki kekuatan komputasi setara dengan 150 MacBook Pro. Ukurannya sekitar sebuah kotak makan.

Di ajang RoboRace nanti, sepuluh tim masing-masing akan menggunakan dua mobil otonom. Mobil otonom itu dirancang oleh Daniel Simon.

Karena didukung oleh Nvidia PX 2, mobil-mobil otonom yang dilombakan ini persis sama. Senior Director Nvidia Automotive Businessm Danny Saphiro mengatakan, keuntungan tunggal mobil otonom itu adalah perangkat lunaknya.

"Ini mengubah balapan dari sisi mekanik, anggaran besar, dan tim untuk perangkat lunak. Mereka akan mengembangkan algoritma mereka sendiri, pelatihan pada jaringan dan menempatkan mobil otonom di lintasan," kata Danny.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment