Wednesday, April 6, 2016

Wapres Jusuf Kalla Buka IIMS

Wapres Jusuf Kalla Buka IIMSJakarta - Pameran otomotif Indonesia International Motor Show 2016 hari ini direncanakan akan dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Panitia berharap pameran bisa menjadi solusi untuk menggerakkan pasar otomotif tanah air yang masih lesu.

Secara umum bisnis otomotif masih lesu darah. Total angka penjualan mobil pada Januari, misalnya, hanya mencapai 84.885 unit. Turun 9,9% dibandingkan periode sama pada 2015.

Hal sama dialami pemain roda dua. Realisasi penjualan sepeda motor terjual sepanjang Januari 2016 hanya 416.263 unit. Menukik 17,2% dibandingkan periode sama tahun lalu yang mencatatkan angka 502.783 unit.

"Hingga ujung Maret tahun ini rata-rata penjualan diprediksi masih tertatih-tatih sehingga banyak pebisnis merasa pesimistis mencapai target penjualan pada triwulan pertama 2016," tulis panitia IIMS, Dyandra Promosindo dalam pernyataannya.

Produsen berharap penjualan kendaraan akan kembali naik pada triwulan kedua untukk menutupi defisit penjualan pada triwulan pertama.

Triwulan kedua sepanjang April, Mei dan Juni diprediksi bakal menjadi periode emas otomotif nasional berkaitan dengan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juli.

"Sejauh kesan yang kami tangkap, rata-rata produsen memang mematok IIMS 2016 sebagai sarana penting untuk mendongkrak penjualan di Semester I tahun ini. Semuanya akan bermain total untuk mencetak goal masing-masing. Tugas kami tinggal menyiapkan venue yang representative, konsep pameran yang mumpuni dan program-program unggulan sebagai pendukung acara," kata Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh

IIMS akan diikuti oleh pabrikan mobil dan motor. Saat ini yang sudah pasti hadir adalah 18 merek mobil dan 8 merek motor, sementara merek lain tengah menyelesaikan segala sesuatunya hingga akhir Maret.

Merek yang mengikuti pameran adalah Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Honda, Hyundai, Mitsubishi, Nissan, Toyota dan beberapa lainnya.

Di Hall B dan C, kelompok mobil premium dimeriahkan Audi, BMW, Garansindo (Chrysler, Dodge, Jeep, dan Fiat), Mercedes-Benz, MINI, dan Volkswagen. Tata Motor juga gabung di area outdoor.

Sementara untuk roda dua ada Ducati, Peugeot Scooters, Italjet dan Zero Motorcycle. Sementara di Hall C akan bertarung para APM pemimpin pasar seperti BMW Motorrad, Honda, Yamaha.

Tahun lalu dalam situasi yang sama sekali tak kondusif, IIMS mampu mendatangkan 359.374 pengunjung dengan membukukan total transaksi Rp 1,636 triliun. Jumlah mobil dan motor yang terjual saat itu tercatat 4.894 unit. Tahun ini panitia menargetkan bisa mendatangkan 380.000 pengunjung.
(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment