Wednesday, April 20, 2016

Manipulasi Data BBM, Saham Mitsubishi Rontok Sampai 15%

Manipulasi Data BBM, Saham Mitsubishi Rontok Sampai 15%Jakarta - Mitsubishi mengakui melakukan manipulasi data konsumsi BBM pada 4 mobil mini yang mereka produksi. Saham Mitsubishi sempat rontok pada perdagangan di Jepang, hari Rabu kemarin. Hari ini, saham Mitsubishi tidak diperdagangkan karena dibanjiri oleh permintaan penjualan saham yang sudah mencapai 10 kali lipat.

Saat perdagangan ditutup Rabu kemarin, saham Mitsubishi turun sampai 15 persen, dan menghapus sekitar US$ 1,2 miliar dari nilai pasar Mitsubishi.

Seperti dilansir Reuters, Mitsubishi, yang dalam setahun sanggup menjual 1 juta kendaraan, merupakan pabrikan Jepang pertama yang melaporkan adanya manipulasi tes konsumsi BBM sejak skandal emisi Volkswagen.
< br/>Penurunan harga saham ini mirip yang dialami Volkswagen saat skandal emisi mereka merebak. Tetapi investor di sektor otomotif berbeda dalam mengambil sikap. Kasus Mitsubishi diyakini tidak akan terlalu berdampak seperti Volkswagen.

Dikutip dari Wall Street Journal, dalam kasus Mitsubishi, saham-saham perusahaan otomotif dunia relatif mengalami kenaikan. Beberapa memang datar-datar saja dan turun tipis. Saat ini investor otomotif merasa kasus Mitsubishi tidak akan terlalu berdampak pada industri.

Berbeda halnya saat kasus VW merebak akhir tahun lalu, hal ini menimbulkan kekhawatiran akan membuat perusahaan di sektor otomotif terdampak.

Investor khawatir kasus dieselgate VW akan membuat regulator menerapkan standar emisi yang lebih ketat, yang akan mengurangi pendapatan mereka. Saham VW pun terus membuat saham pabrikan mobil lain turun sampai akhir tahun 2015.


(ddn/ddn)

0 comments:

Post a Comment