Wednesday, April 20, 2016

Sistem Pengisi Baterai Nirkabel untuk Mobil Dibangun di AS

Sistem Pengisi Baterai Nirkabel untuk Mobil Dibangun di ASWashington - Sebuah sistem pengisian baterai nirkabel untuk mobil listrik dibuat di Amerika Serikat (AS). Pengisi baterai nirkabel 20kW itu mampu mengisi baterai mobil dengan cepat.

Dilansir Hybridcars, Rabu (20/4/2016), sistem pengisian baterai nirkabel ini dikembangkan selama tiga tahun terakhir oleh Oak Ridge National Laboratory (ORNL) dengan Toyota, Cisco Systems, Clemson University dan Evatran. Sistem ini diklaim mampu mengisi baterai tiga kali lebih cepat dibanding pengisian dengan pengisian dengan kabel.

Sistem ini telah dibuktikan dengan Toyota RAV4 yang dilengkapi baterai tambahan 10kWh. Energi ditransfer dari piringan transmisi di tanah ke piringan penerima saluran di bagian bawah depan mobil yang terus disalurkan ke baterai.

"Kami telah membuat kemajuan luar biasa dari eksperimen laboratorium beberapa tahun yang lalu. Kami telah menetapkan jalan ke depan yang dimulai dengan teknik yang solid, desain, skala besar dan integrasi ke beberapa kendaraan Toyota. Kami sekarang memiliki teknologi yang bergerak lebih dekat yang siap untuk pasar," kata Kepala Tim Power Elektronik ORNL, Madhu Chinthavali.

Selama penelitian dan pengembangan, keselamatan dan keamanan tetap dinomorsatukan. Menurut Chinthavali, medan magnet frekuensi tinggi yang digunakan dalam transfer daya di celah udara terfokus dan terlindung.

"Ini berarti bahwa medan magnet menurun dengan cepat ke tingkat batas bawah yang ditetapkan oleh standar internasional, termasuk di dalam kendaraan untuk memastikan keamanan," katanya.
(rgr/ddn)

0 comments:

Post a Comment