Thursday, June 30, 2016

IOI Pelajari Institut di 2 Negara ASEAN Ini

IOI Pelajari Institut di 2 Negara ASEAN IniJakarta - Pendirian Institut Otomotif Indonesia (IOI) menjadi suatu gerakan agar Indonesia mampu bersaing di wilayah ASEAN, khususnya Thailand.

Berdiri pada 20 Mei 2016, IOI berfungsi sebagai lembaga independen dengan sifat think thank. Diakui Presiden IOI, I Made Dana Tangkas kehadiran IOI di Indonesia memang terlambat dibanding negara ASEAN lainnya seperti Thailand dan Malaysia.

Thailand telah mendirikan institut otomotif sejak 1998, sementara itu Malaysia juga telah memiliki institut otomotif pada 2010 lalu. Selain itu, Made menambahkan insititut otomotif yang ada di Thailand dan Malaysia telah mendapat dukungan dari pemerintah.

"Institut Otomotif Indonesia ini setara dengan yang ada di Thailand dan Malaysia. Cuma perbedaannya kalau di Thailand dan Malaysia itu kan di bawah pemerintah. Kalau kita independen tapi ada kerja sama dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin)," ujar Made, Jumat (1/7/2016).

Untuk melihat standar insititut otomotif di kedua negara tersebut, IOI bakal melakukan studi banding pada Agustus mendatang.

"Awal Agustus kita pergi ke Malaysia dan Thailand. Mereka sudah menerima. Kita juga akan bertemu Gaikindo-nya Malaysia dan Thailand," tutur Made.
(nkn/rgr)

0 comments:

Post a Comment