Wednesday, June 1, 2016

Konsumen Gugat Bos Nissan Akibat Skandal Qashqai di Korea

Konsumen Gugat Bos Nissan Akibat Skandal Qashqai di KoreaSeoul - Sejumlah konsumen Nissan di Korea Selatan menuntut pimpinan Renault-Nissan serta Nissan Korea. Mereka menanti tanggung jawab produsen mobil tersebut terkait kasus emisi pada SUV Nissan Qashqai.

Dilaporkan Kantor Berita Yonhap, sebanyak 8 konsumen mengajukan tuntutan ke Pengadilan Distrik Seoul dan menuntut langsung Bos Nissan, Carlos Ghosn serta Kepala Nissan Korea, Takehiko Kikuchi.

Para konsumen menggugat Nissan untuk membayar uang kompensasi dengan nilai 35 juta won atau sekitar Rp 401,6 juta kepada masing-masing pemilik Qashqai.

Mereka mengugat pabrikan mobil tersebut sebab dalam iklan Qashqai dijelaskan bahwa mobil tersebut telah mengantongi stan dar emisi dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Nama Carlos Ghosn juga terseret dalam penututan sebab kejadian tersebut bukan hanya tanggung jawab dari Nissan Korea saja, namun Nissan secara global.

Aksi yang dilakukan oleh konsumen tersebut merupakan hasil dari penarikan Nissan Qashqai yang dilakukan oleh pemerintah Korea Selatan beberapa waktu lalu.

Pemerintah Korea Selatan menemukan bahwa produsen mobil asal Jepang itu membuat data hasil emisi yang tidak sesuai. Hasil data tersebut terungkap usai pemerintah menyelidiki 20 model mobil diesel yang dijual di Korea Selatan.

Akibat masalah ini, Kementerian Lingkungan Hidup Korea Selatan berencana untuk mendenda Nissan sebesar 330 juta won (Rp 3,732 miliar). Selain itu, penjualan crossover tersebut juga harus dihentikan sementara.


(nkn/ddn)

0 comments:

Post a Comment