Wednesday, June 1, 2016

Mobil 'Hijau' Lebih Bahaya Bagi Pejalan Kaki

Mobil Seoul - Mobil bertenaga listrik atau hybrid tidak hanya memberi manfaat pada lingkungan namun juga memberi kekhawatiran.

Dengan menggunakan teknologi yang lebih canggih pada mobil listrik ataupun hybrid, mobil akan menjadi lebih senyap dibandingkan mobil bertenaga BBM. Mobil yang lebih senyap itu justru membahayakan bagi pejalan kaki yang telah terbiasa dengan bunyi dari mobil konvensional.

Hyundai Marine & Fire Insurance merilis hasil laporan mereka, seperti dikutip Kantor Berita Yonhap, para pejalan kaki 1.6 kali lebih banyak yang terlindas akibat mobil hybrid atau listrik yang lebih senyap dibandingkan mobil konvensional.

Mayoritas subyek yang lebih rentan merasak an dampak dari kesenyapan mobil hybrid atau listrik yakni anak-anak berusia 10 tahun atau dibawahnya dengan persentase 10,1 persen. Sementara para orangtua dengan usia diatas 60 tahun juga rentan akan dampak tersebut sebesar 20,2 persen.

Selain itu, data yang dirilis juga menyebutkan tingkat kecelakaan dari mobil hybrid yang bergerak pelan yakni sebesar 5,5 persen. Lebih tinggi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar bensin atau diesel sebesar 3,5 persen.

"Harus ada undang-undang yang mengatur soal kebisingan suara pada sistem di semua mobil hybrid saat mereka berjalan di kecepatan rendag. Itu dibutuhkan sebab banyak orang yang berjalan kaki sambil menggunakan smartphone mereka," ujar Lee Soo-il, Peneliti di Hyundai Marine & Fire Insurance Co.

Alasan tingkat kecelakaan yang lebih tinggi disebabkan oleh mobil 'hijau' tersebut terletak pada kemampuan pejalan kaki untuk mendengar kendaraan yang mendekat.

Hasil data tersebut menjadi ruju kan para ahli kepada pemerintah untuk mengambil langkah dalam melindungi pejalan kaki dari kendaraan ramah lingkungan yang senyap.
(nkn/nkn)

0 comments:

Post a Comment