Wednesday, January 23, 2013

China Siap Singkirkan Ratusan Ribu Mobil Tahun Ini

China Siap Singkirkan Ratusan Ribu Mobil Tahun Ini Beijing - Demi mewujudkan udara yang bersih, pemerintah China berencana akan mengambil beberapa langkah. Salah satunya dengan membumi hanguskan 180 ribu unit mobil tua.

Seperti detikOto kutip dari Reuters, Rabu (23/1/2013). Hal ini langsung disampaikan walikota Beijing, Wang Anshun. Dengan mengatakan akan menghilangkan 180 ribu unit kendaraan tua di Beijing tahun ini. Dan siap mengkontrol pertumbuhan kendaraan baru.

Tidak berhenti sampai disitu, pemerintah Cina pun akan menghilangkan 44 ribu sistem penghangat ruangan yang sudah usang. Serta akan menghilangkan pemanas batubara yang dengan menggantikannya dengan sistem energi bersih.

"Kami akan mempercepat pembangunan kota yang indah dengan langit biru, bumi hijau dan air bersih," kata walikota Beijing, Wang Anshun.

Namun masyarakat di Beijing menilai, kebijakan pemerintah ini akan menjadi isapan jempol semata dan tidak akan terlaksana. Terlebih jika kendaraan lama dihilangkan, polusi udaha akan tetap ada bahkan bertambah dengan hadirnya kendaraan baru.

"Menghilangkan mobil tua memang akan membuat sedikit perbedaan, dimana kota malah akan menerima 250 ribu kendaraan baru dijalanan setiap tahunnya. Meskipun dengan standar emisi seharusnya lebih tinggi," komentar masyarakat Cina dalam comments on China's popular Twitter-like microblogging site Sina Weibo.

"Ini (mobil tua) merupakan kendaraan yang biasa dikendarai orang-orang. Anda harusnya berani bicara tentang subjek ini, ketika Anda telah memulainya dengan kendaraan pemerintah (pejabat)," tambahnya.

Memang hingga saat ini, semua kebijakan tersebut belum dilaksanakan. Namun bila ini benar-benar terjadi, ini akan menjadi langkah kongkrit yang diambil pemerintah Cina untuk mengurangi pencemaran polusi di Cina.

Selanjutnya Walikota Beijing, Wang juga menambahkan bahwa Beijing akan memangkas polusi udara utama hingga 2 persen ditahun ini. Dan meningkatkan pemantauan dan sosialisasi mengenai informasi tentang bahayanya polusi udara.

"Kami secara proaktif akan mendorong penggunaan energi baru teknologi hemat dan produk dan mempromosikan hijau, dengan memproduksi karbon yang rendah menjadi sebuah gaya hidup," katanya.

Polusi udara di Cina memang sudah sangat berbahaya, bahkan langit di Cina pun sudah tidak terlihat sangat kotor. Berkat polusi udara yang diakibatkan kendaraan, pabrik-pabrik dan pemanas dari rumah tangga.

Sebelumnya, China juga sudah memperpendek batas usia kendaraan disana. Beberapa kota di China seperti Beijing dan Guangzhou serta beberapa kota lain juga telah melakukan pembatasan ketat terhadap penjualan mobil.

Ada dua metode yang biasa digunakan oleh pemerintah kota di China. Misalnya dengan membatasi jumlah pelat nomor yang keluarkan pemerintah tiap bulannya dan ada pula pemerintah yang melelang pelat nomor dalam jumlah yang sudah dibatasi tersebut.



0 comments:

Post a Comment