Sunday, January 27, 2013

Dahlan Iskan Dukung Mobil Listrik Buatan ITS

Dahlan Iskan Dukung Mobil Listrik Buatan ITS Pasuruan - Menteri BUMN Dahlan Iskan mendukung pengembangan mobil listrik oleh ITS. Dahlan pun memuji mobil listrik yang dinamai Electric City (EC) tersebut.

“Bagus sekali, bagus sekali. Bentuknya juga sangat bagus,” ujar Dahlan Iskan, saat menghadiri Milad Yayasan Pondok Pesantren Al-Ikhlas dan Silaturahmi Jama’ah Fida’ Kubro, di Kejayan, Pasuruan, Minggu (27/1/2013).

Penyataan itu diungkapkan Dahlan saat ditanya proyek mobil listrik yang sedang dikembangkan ITS. Menurut dia, mobil EC tersebut masih perlu dikembangkan dan disempurnakan agar benar-benar siap diproduksi massal.

“Masih harus dikembangkan lagi terutama masalah kecepatan,” jelasnya.

Dahlan sendiri mengaku akan terus bekerja keras agar mobil listrik segera bisa diproduksi secara massal dan dinikmati oleh rakyat.

“Mobil listrik ini harus terus berjalan, terus dikembangkan dan harus berhasil. Mobil listrik ini harus sukses karena problem negara ini terlalu berat jika bergantung pada BBM,” tandasnya.

Tidak trauma dengan kecelakaan Tucuxi? “No... No... Sama sekali tidak!” tandasnya.

Mobil listrik Electric City ini mengambil konsep Sport City Car dengan 4-seater dan dibuat dengan menghabiskan modal Rp 500 juta.

Hampir seluruh komponen mobil merupakan karya sendiri. Mulai dari sistem penggerak, platform, desain bodi, desain lampu, hingga sistem kontrol. Sedangkan komponen yang terpaksa membeli adalah baterai dan motor.

Dan untuk mendukung perkembangan penelitian putra bangsa terhadap mobil listrik, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengaku telah menyiapkan dana khusus.

Tidak tanggung-tanggung, M Nuh telah menyediakan dana senilai Rp 50 miliar untuk kegiatan pelatihan dan penelitian di 5 perguruan tinggi negeri di Indonesia.


0 comments:

Post a Comment