Sunday, January 27, 2013

Kymco Pasok Mesin untuk Mobil BMW

Kymco Pasok Mesin untuk Mobil BMW Jakarta - Produsen mobil BMW saat ini tengah bersiap untuk meluncurkan mobil ramah lingkungan i3 di tahun 2014 mendatang. Namun ternyata, mesin konvensional yang digunakan mobil ini dibuat oleh produsen motor Kymco.

Sebenarnya, BMW i3 adalah sebuah mobil bertenaga listrik. Adapun mesin bensin dua silinder yang terpasang di mobil ini bertugas sebagai generator untuk mengisi tenaga motor listrik mobil ini.

Dengan bantuan generator itu, maka jangkauan kendaraan ini pun menjadi lebih panjang yakni mencapai 402 kilometer, jauh lebih panjang dibanding hanya mengandalkan tenaga dari baterai listrik semata yang hanya memiliki jangkauan antara 96,5-144,8 kilometer.

Kymco ternyata selama ini memang berkerjasama dengan BMW untuk memproduksi mesin motor bagi motor-motor keluaran Jerman tersebut. Produsen Taiwan itu memproduksi banyak mesin motor BMW termasuk mesin satu silinder yang digunakan G450X atau mesin paralel-twin yang digunakan BMW C650T dan C600 Sport.

Pada kemitraan tersebut, BMW yang menentukan spesifikasi dan mengerjakan rekayasa sementara Kymco yang memproduksinya.

Jantung mobil ini sendiri mengaplikasi motor listrik bertenaga 168 bhp yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 1-speed yang tenaganya disimpan di baterai lithium-ion.

0 comments:

Post a Comment